Tekan Angka Pengangguran Disnaker Depok Gelar Pelatihan Kerja

DepokNews- Guna menekan angka pengangguran di Kota Depok, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) akan menggelar pelatihan yang diselenggarakan Maret hingga September 2020.

Kepala Disnaker Kota Depok, Manto Djorgi mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk membekali warga Depok yang belum bekerja dengan sejumlah rangkaian pelatihan kerja. Ini supaya pecari kerja (Pencaker) siap terjun ke dunia kerja.

“Kami mengadakan beberapa pelatihan. Saat ini pendaftaran sudah dibuka, hingga kuota terpenuhi. Pelatihan ini tidak dipungut biaya alias gratis,” ujar Manto belum lama ini.

Manto menyebutkan, nantinya akan dibuat beberapa pelatihan yang diadakan terdiri dari beberapa jenis. Antara lain, pelatihan perbengkelan sepeda motor, tata boga, tata rias kecantikan, service AC dan pelatihan komputer.

“Pelatihan yang akan diberikan seputar kemampuan teknis salah satunya perbengkelan, dan lain -lain,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi warga yang ingin mengikuti pelatihan ini. Yaitu peserta wajib ber-KTP DEPOK, usia 18-40 tahun. Khusus untuk usia di atas 40 tahun bisa mengikuti pelatihan ini dengan menyertakan surat PHK dari perusahaan.

“Kemudian, belum bekerja atau menganggur dan tidak sedang sekolah atau menempuh pendidikan,” terangnya.

Dia menjelaskan, nantinya peserta yang mendaftar akan diseleksi. Untuk peserta yang lolos mendapat beberapa fasilitas yaitu transportasi, makan, pakaian kerja, bahan praktek, Alat Tulis Kantor (ATK), materi pelatihan dan sertifikat pelatihan.(mia)