Tegas, RS Swasta Harusnya Bermitra Dengan BPJS

Posted on

DepokNews —  Rumah sakit swasta seharusnya juga bermitra dengan BPJS karena adanya target kesehatan cakupan semesta/ universal health coverage pada 2019, yakni seluruh penduduk Indonesia ikut dalam program BPJS Kesehatan. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok, Maya Febriyanti Purwandar.

Lebih lanjut diungkap dia, rumah sakit yang diwajibkan bermitra dengan BPJS hanyalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan rumah sakit milik pemerintah. Sedangkan bagi rumah sakit swasta memang tidak ada kewajiban untuk bermitra dengan BPJS.

“Kalau tidak kerja sama dengan RS mungkin jumlah pasien di rumah sakit tersebut bisa berkurang jumlahnya,” tutur Maya Selasa (12/9/2017).

Dirinya mengimbau kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kota Depok agar tetap rutin dalam membayarkan iuran dan mengenali hak dan kewajiban sebagai pasien.

Selain itu, peserta JKN-KIS juga harus tahu fasilitas-kesehatan (Faskes) terutama RS Swasta mana saja yang telah bekerjsama dan mana yang belum sehingga pasien mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik dan layak.

Saat ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Depok mencatat tambahan lima rumah sakit baru yang sudah bisa melayani peserta BPJS Kesehatan pada akhir tahun ini. Kelima rumah sakit swasta tersebut yakni RSIA Setya Bhakti, RSIA Assyifa, RSIA Citra Arafiq, RS Jantung Diagram dan RS Bunda Margonda. “Untuk RS yang belum bekerja sama yakni RS Puri Cinere dan RS Mitra Keluarga,” tambahnya.

Kerjasama dengan lima rumah sakit ini dilakukan untuk memperluas kerja sama dengan rumah-rumah sakit yang ada di Kota Depok. Maya mengungkapkan bahwa kerja sama dengan rumah sakit ini sejalan dengan target jumlah kepesertaan dari masyarakat di Kota Depok yang disasar mencapai 1,4 juta jiwa pada akhir tahun ini.

“Dari 21 rumah sakit yang ada di Kota Depok, sudah 14 yang menjadi provider, lima rumah sakit ini sudah akan resmi bekerja sama pada akhir tahun 2017 ini dan sudah bisa melayani peserta BPJS juga di akhir tahun ini. Tinggal dua rumah sakit yang belum bekerja sama yaitu RS Mitra Keluarga dan RS Puri Cinere,” tuturnya.