DepokNews–Tax Center Universitas Gunadarma merupakan lembaga di dalam Universitas Gunadarma yang berfungsi sebagai pusat pengkajian, penelitian, pelatihan dan sosialisasi perpajakan di lingkungan Universitas Gunadarma dan masyarakat yang dilakukan secara mandiri.

Pada tahun 2015 Universitas Gunadarma mulai merintis lembaga perpajakan dan semula belum diketahui oleh banyak orang. Setahun kemudian lembaga tersebut diresmikan sebagai “Tax Center Universitas Gunadarma” di bawah naungan Kantor Wilayah DJP III. Di tahun 2016 Tax Center Gunadarma memulai beberapa program di antaranya Sosialisasi dan Pendampingan Pengisian SPT Tahunan, Seminar Tax Amnesty, dan Tax Goes To Campus.

Berdiri langsung di bawah Rektorat, Tax Center Universitas Gunadarma dikepalai oleh Dr. Beny Susanti, SE., MM yang merupakan salah satu dosen di Fakultas Ekonomi. Dalam pelaksanaan kegiatan pun sering bekerja sama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat III.

Pada 2017, berbagai program dan kegiatan pun bertambah. Selain mengadakan Sosialisasi dan Pendampingan serta Seminar, pada tahun tersebut Tax Center Universitas Gunadarma juga mengadakan Lomba Akuntansi dan Pajak Berbasis Teknologi Informasi, Seleksi Relawan Pajak, dan Tax Festival.

Selanjutnya, kegiatan Perlombaan, Relawan Pajak, dan Sosialisasi Mata Kuliah Wajib Umum Inklusi Kesadaran Pajak menjadi agenda rutin yang diadakan oleh Tax Center Universitas Gunadarma. Hingga pada tahun 2018 Tax Center Universitas Gunadarma mendapat penghargaan Relawan Pajak Terbanyak dari Direktorat Jenderal Pajak. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati kepada Dr. Beny Susanti., SE., MM.

Sukses menjadi Tax Center percontohan, Tax Center Universitas Gunadarma pun mendapat berbagai kunjungan dari berbagai universitas, seperti dari STIE Sutaatmadja, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Institut Pertanian Bogor, serta kunjungan dari Komite Pengawas Perpajakan.

Hingga saat ini Tax Center Universitas Gunadarma telah memiliki berbagai program tetap yaitu Kursus Brevet Pajak Terpadu, Relawan Pajak, Membina UMKM, Workshop Pajak yang berfokuskan mahasiswa-mahasiswi Gunadarma, dan Inklusi Kesadaran Pajak yang berfokuskan pada para wajib pajak dalam lingkup Universitas Gunadarma.

Di awal tahun 2020, Tax Center Universitas Gunadarma dalam rangka ulang tahun keempat telah mengadakan Seminar Nasional dan Pengukuhan Relawan Pajak Tahun 2020 yang menampilkan berbagai pembicara ahli seputar perpajakan seperti Suryo Utomo (Direktur Jenderal Pajak), Catur Rini Widosari (Kepala Kanwil DJP Jawa Barat III), Darussalam (Managing Partner of DDTC), dan Yon Asral (Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Pajak DJP) dengan tajuk “Tantangan dan Peluang Perpajakan di Era Revolusi Industri 4.0”.

Pada kesempatan yang sama Tax Center Universitas Gunadarma juga melakukan MoU dengan DDTC serta memberikan penghargaan kepada dosen MKWU terbaik dan mengumumkan pemenang lomba poster dan video pajak. Meski masih berusia sangat muda, Tax Center Universitas Gunadarma telah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan dan menginspirasi.