Depoknews – Siswa SMAIT Nurul Fikri berhasil membawa pulang medali emas kategori Robot Creation pada kompetisi robotik tingkat Internasional, International Youth Robotic Competition (IYRC) 2021 yang diselenggarakan oleh International Youth Robot Association (IYRA) Korea, 21-23 Agustus.

Bersaing dengan peserta dari berbagai negara, Rafif Abdullah Ardiyanputra dari kelas X MIPA 3 bersama rekannya Muhammad Khairy Ramzy dari SMAN 11 membawakan karyanya yang berjudul SMARTIM Bag, sebuah inovasi tas pintar yang dapat membantu penggunanya agar senantiasa terjaga imunitasnya.

SMARTIM Bag singkatan dari SMART IMmunity Bag. Tas ini memiliki beberapa fitur. Pertama, tas ini memiliki PIR & Ultrasonic Sensor yang dapat membantu mengingatkan penggunanya untuk menjaga jarak dengan orang di dekatnya. Kedua, tas ini juga tertanam GPS sehingga penggunannya dapat mengetahui titik lokasi keberadaannya dan zona covid di sekitarnya.

Ketiga, tas ini juga terpasang automatic disinfectant sehingga penggunanya dapat mencuci tangan kapanpun dan dimanapun. Terakhir, tas ini juga terpasang UV light yang mampu menetralisasikan barang-barang yang dimasukkan ke dalam tas.

“Awal saya ada ide membuat itu karena dunia sedang covid dan tema robot yang dilombakan adalah “Robot Be Our Friend” lalu saya berpikir tentang sebuah alat yang bisa membantu atau mengingatkan kita akan protokol kesehatan layaknya seorang teman,” terang Rafif.

Ia pun terpikir untuk membuat alat tersebut dalam bentuk baju, namun ia menganggap memakai media baju tidak fleksibel sehingga muncul ide membuatnya dengan media tas.

“Semisal kalau kita pakai jaket baju itu tidak akan berguna banyak karena sensor yang tertanam dibaju akan ketutupan jaket, jadi saya berubah pikiran untuk membuat tas, karena jauh lebih efektif,” jelasnya.

Selain Indonesia ada 14 negara yang berhasil menjadi pemenang, antara lain Russia, Colombia, Algeria, Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Brazil, Uzbekistan, Mongolia, Guyana, Mexico, Laos, dan Vietnam, diumumkan secara langsung melalui web resmi iyrc.org pada 31 Agustus 2021.