DepokNews–Wahyudin Kordinator Sahabat Ummat wilayah sawangan Depok ditemui di warung kopi Sabtu, 20 Februari 2021 menyoroti permasalahan banjir ini.

Beberapa hari ini memang curah hujan khususnya di wilayah kota Depok sangat tinggi, beberapa wilayah di Depok terendam banjir, Aliran air di sungai, kali dan setu meluap tinggi hingga menggenangi arus jalan bahkan perumahan. ungkap wahyu

Mantan Ketua Rt ini mengutarakan bahwa Banjir selain terjadi karna faktor alam dan curah hujan yang tinggi bisa juga disebabkan oleh rendahnya koordinasi antara pihak-pihak terkait dalam upaya menangani permasalahan banjir di Kota Depok. Hal ini bisa juga menjadi penyebab sulitnya mengatasi problem tersebut dan terus menerus menjadi wilayah langganan banjir. Bila banjir terjadi pada saat pandemi covid seperti ini persoalan baru akan timbul dan akan semakin kompleks baik terkait jarak fisik akan lebih sulit dilakukan dan tentunya daerah yang terkena banjir kekurangan air bersih. imbuh wahyu.

Menurut wahyu sapaan akrab, salah satu upaya mengatasi banjir perlu adanya dan diperbanyaknya resapan air hujan dengan membuat sumur- sumur resapan di lingkungan rumah masyarakat, agar bila curah hujan tinggi maka langsung terserap kembali kedalam tanah. Pemerintah Kota Depok harus segera bersinergi dan berkolaborasi dengan masyarakat di lingkungan Rt atau Rw melakukan program kegiatan yang kecil tapi berdampak dan bermanfaat besar serta berefek luas. Selain itu perlu ditingkatkan lagi Normalisasi sungai/ kali, pelestarian setu atau danau sebagai upaya pengendalian banjir, pengerukan lumpur, mengubah prilaku masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu masyarakat harus melakukan pengawasan terkait proyek pembangunan yang berkaitan tentang saluran air, pengerukan lumpur, pengendalian banjir atau pelestarian setu. Bilamana pembangunan itu ada penyelewengan, pengerjaannya asal asalan atau menyalahi ketentuan harus dilaporkan dan ada tindakan langsung agar pembangunan yang menggunakan anggaran dari rakyat bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat serta mempunyai kualitas hasil yang baik dan bagi oknum- oknum yang bermain atau terlibat pada penyelewengan anggaran proyek ditindak tegas dan tindak secara hukum. tegas wahyu.

ada beberapa wilayah di depok baik pembangunan jalan, saluran air maupun pembangunan lainnya, belum ada 6 bulan atau setahun dari selesai pengerjaan sudah rusak kembali. Untuk itu sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah Kota Depok dengan Masyarakat secara menyeluruh sangat diperlukan agar permasalahan banjir dan permasalahan lainnya bisa diatasi, diminimalisir serta masyarakat benar- benar merasakan hasil pembangunan yang lebih baik. Bagi masyarakat yang wilayahnya terkena banjir bisa segera mendapatkan bantuan baik makanan, minuman atau kebutuhan lainnya. Smoga Depok kedepannya lebih baik dan permasalahan Banjir tidak terjadi lagi. tutup wahyu