Ketua Karang Taruna Kecamatan Cinere, Nurdin (kanan) sedang memasarkan hasil tani anggotanya pada kegiatan vaksinasi massal di kantor Kecamatan Cinere, belum lama ini. (Foto : JD 01/Diskominfo).

DepokNews – Karang Taruna (Katar) Kecamatan Cinere memiliki sejumlah program usaha ekonomi produktif guna memaksimalkan potensi anggotanya. Di antaranya, bertani, serta mengolah dan memasarkan tanaman obat keluarga (toga).

Ketua Katar Kecamatan Cinere, Nurdin menuturkan, saat ini toga yang menjadi fokus produksi ialah jahe merah. Proses produksi dimulai dari  menanam, merawat, memanen hingga memasarkan.  

“Lahannya tersebar di empat kelurahan yang ada di Cinere. Sekarang paling banyak di Pangkalan Jati Baru. Kecamatan Cinere juga memberikan bantuan outlet di depan kantor kecamatan untuk kami memasarkan produk,” tuturnya, Jumat (02/07/21).

Dia menjelaskan, tak hanya jahe merah mentah, pihaknya juga memasarkan minuman olahan dari tanaman tersebut dengan merek dagang Wedang Jahe Baba. Selain itu, ada juga olahan minuman lemon dengan merek dagang LeCi atau Lemon Cinere Drink.

Lebih lanjut, ucapnya, sebelumnya mengadakan program usaha ekonomi produktif, pihaknya juga pernah memasarkan tanaman cabe di poly bag. Semua itu dilakukan sebagai upaya memaksimalkan potensi yang dimiliki anggota Katar dalam bidang ekonomi.

“Kami ingin mengenalkan kegiatan Karang Taruna kepada masyarakat. Kegiatannya tidak hanya kegiatan sosial tetapi juga ada kegiatan kesejahteraan sosial,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id