Lokasi tanah longsor di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis

Tanah Longsor di Bukit Cengkeh Depok Hancurkan Warung

Posted on 1,203 views

DepokNews–Tanah longsor terjadi di wilayah Depok, kali ini melanda Jalan Benda, Keramat Perumahan Bukit Cengkeh Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis pada Minggu (11/11) sore.

Pantauan di lapangan insiden tanah longsor terjadi sekitar pukul 16.00 WIB ketika air Sungai Kali Jantung meluap akibat hujan deras.

Air banjir tersebut menggerus tanah tempat berdirinya sebuah warung kopi dan pos warga didalamnya terdapat empat orang warga yang sedang main catur.

Alhasil, warung dan pos warga tersebut amblas ke bawah empat orang yang berada didalamnya sempat terbawa material longsor.

“Warung kopinya ambruk, kebawah kebetulan dibelakang dua bangunan itu kolam renang Tirta Sunden,” ucap Ketua RW 1, Slamet Riyadi kepada wartawan di lokasi Kejadian.

Slamet menuturkan, beruntung empat orang warga yang terbawa longsor selamat namun mengalami luka – luka ringan.

“Alhamdulilah, korban selamat dan berhasil dievakuasi juga sudah diberikan penanganan medis,” tuturnya.

Sementara itu Eki, salah satu korban yang mengalami luka di bagian kaki dan dada mengatakan kejadian longsor tersebut terjadi begitu cepat.

“Saya memang lagi main catur pak, sama teman – teman eh tiba – tiba bruk langsung ambruk kebawah seperti gempa rasanya,” katanya.

Selanjutnya, Darman pemilik warung hanya bisa meratapi nasib saat tempat usahanya hancur terbawa material longsoran.

“Tadi sempet denger bunyi seperti kegesr, saya melangkah keluar tiba – tiba amblas warung saya kebawa longsor,” tandasnya.

Sementara itu, Rudi Warga Perumahan Bukit Cengkeh yang sempat mengetahui kejadian longsor itu mengatakan, insiden tersebut terjadi ketika ada pengerjaan proyek saluran air yang tepat berada di belakang bangunan uang ambruk tersebut.

“Jadi, air banjir yang meluap itu ga ketampung drainasenya lagi pengerjaan, untung anak – anak yang biasa berenang di kolam renang saat hujan sudah naik semua keatas. Coba kalau masih ada yang berenang tentu akan banyak korban jiwa,” katanya.

Hingga pukul 18.52 WIB, proses penanganan longsor masih berlangsung terlihat beberapa petugas seperti Tagana, PMI, Pemadam Kebakaran Dan Satgas Banjir masih berada di lokasi kejadian.

Dan anggota Koramil 03 Sukmajaya melakukan pemantauan di lokasi tanah longsor tersebut.