Desain JPO di Margonda

DepokNews–Pemerintah Kota Depok akan membangun Jembatan Penyeberangan Orang di Jalan Margonda dengan hiasan Gong si Bolong, Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana mengatakan pada tahun 2019 ini Pemkot Depok akan menambah satu JPO di Jalan Margonda tepatnya di depan gedung Apartemen Envencio yang menghubungkan bagian sisi lainnya lalu ke arah Stasiun Kampus UI.

“Kami akan bangun JPO di Margonda, tepatnya di depan apartemen Evencio”katanya.

Pembangunan JPO tersebut menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) dari pengembang Apartemen Evencio di Jalan Margonda.

Ia mengatakan, pembangunan JPO ditargetkan rampung Juni 2019. 

Juni 2019 selesai dibangun JPO tersebut,” katanya.

Pihaknya mengaku kesulitan mencari lahan di sepanjang Jalan Margonda lantaran dipadati bangunan, mulai dari apartemen hingga pusat perbelanjaan.

“Di jalan Margonda itu kami kesulitan lahannya, misalnya, kami punya rencana pembangunan (JPO) di depan Depok Mall yang sulit lahannya. Di satu sisi sudah bisa, di seberangnya tidak bisa karena tidak adaspace lagi,”katanya.

Sementara itu Ketua LPM Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji Munir H Mukri menambahkan pihaknya sudah mendengar rencana pembanguna JPO oleh Pemkot Depok.

“Ya beberapa waktu lalu kami ikut sosialisasi pembangunan JPO di Jalan Margonda”katanya.

Dia mengatakan JPO itu nantinya akan menjadi gerbang Kota Depok dan akan ornamen Gong si Bolong yang merupakan salah satu alat tradisional musik Kota Depok.

Pemerintah Kota Depok menggandeng pihak swasta yakni apartemen Enveciio untuk melakukan pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang dan Gapura Selamat Datang di Jalan Margonda, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji.

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna kepada wartawan mengatakan kondisi gapura selamat datang kondisinya sangat memperihatinkan dan sudah rentan ambruk.

“Kami melihat gapura selamat datang di Jalan Margonda miris sekali sudah tidak layak maka kami desak pihak swasta yang saat ini sedang membangun apartemennya untuk membantu upaya pembangunan JPO dan tugu Selamat datang,”katanya.

Sangat tidak etis Jalan Margonda yang merupakan pintu utama Kota Depok dan Propinsi Jawa Barat gapurannya dalam kondisi kumuh dan kotor sehingga membuatn Jalan Margonda yang tidak elegan dan estetikanya.

Dengan adanya pembangunan apartemen di depan gapura selamat datang maka Pemkot meminta kepada pihak swasta yang membangun apartemen itu membangun JPO sekaligus gapura selamat datang.

Nantinya antara JPO dan Gapura Selamat datang banggunannya menjadi satu sehingga JPO itu digunakan oleh warga dengan nyaman aman senang saat melintasnya.

Dia mengimbau kepada investor dibagian seberang Jalan Margonda lainnya juga harus siap membantu dalam upaya pembangunan JPO dan gapura selamat datang.

Dikatakan dia, saat ini di Jalan Margonda memang masig minim akan keberadaan JPO dan Pemkot akan berupaya membangun JPO di sejumlah titik di Jalan di Jalan Margonda.

Dikokasi sama Project Director Apartment Evenciio Margonda, PT PP Properti Tbk Nurjaman mengatakan nantinya pihaknya akan membangun JPO di jalan Margonda dan peletakan batu pertama sudah dilakukan.

“Lokasinya nantinya akan persis di depan apartemen kami, dimana JPO itu akan menghubungkan ke kampus UI dimana saat ini di lokasi gang Kober belum ada JPO”katanya.

Bentuk JPO itu nantinya bukan hanya JPO saja akan tetapi JPO yang nyaman aman dan asri sehingga para pengguna atau warga dengan senang menggunakan JPO tersebut.

Rencananya JPO itu akan disatukan dengan bangunan tugu selamat datang Kota Depok yang saat ini kondisinya susah rusak dan rapuh.