Foto: Meida--Kebersamaan Warga RT.002/002 Rangkapan Jaya Lama, Pancoran Mas, Depok saat makan bersama

Tahun Baru Islam, Saatnya Tingkatkan Kerukunan dan Silaturahmi

Posted on
DepokNews — Banyak cara bagi masyarakat Indonesia yang berwarga beragama Islam dalam menyambut tahun baru hijriah 1 Muharram.Salah satunya yang dilakukan warga RT.002/002, Kelurahan Rangkapan Jaya Lama, Pancoran Mas, Depok. Berbondong-bondong warga menyemarakkan tahun baru islam ini. Bukan hanya dilakukan dengan pawai obor dan berdoa bersama melainkan tahun baru islam ini menjadi ajang silaturahmi untuk memperkuat kerukunan warga RT.002.

Ketua RT.002, Widiyanto menuturkan bahwa kegiatan tahun baru islam sekarang baru kali ini meriah seperti ini. Anak-anak, remaja, dan para orang tua turut berkumpul untuk memeriahkan kegiatan yang dilakukan hanya satu tahun sekali.

“Saya sebagai ketua RT sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untukk membina kerukunan seluruh warga. Makanya tempat yang digunakan selalu berpindah-pindah, bukan tidak ada tempat tetapi kami ingin kita semua saling mengenal satu sama lain,” ujarnya saat memberikan sambutan di Lapangan Kapuk, Rangkapan Jaya Lama, Rabu (20/9/2017).

Gambar sisip 2
Foto:Meida–Pawai Obor warga lingkungan Rt. 002/002 Rangkapan Jaya Lama

Sementara itu, tambahnya, kegiatan 1 muharram ini didukung dengan beragam majlis ta’lim yang ada di lingkungan. Sebagaimana yang diketahui, Kota Depok memiliki visi unggul, nyaman, dan religius.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud visi Kota Depok yang ketiga, yaitu religius. “Oleh karena itu, saya imbau kepada semuanya, anak muda, ibu-ibu, dan bapak-bapak sekalian untuk ikut majlis ta’lim yang ada di lingkungan kita. Majlis ta’lim ini salah satu jembatan kita untuk saling mengenal, bersilaturahmi, dan menjaga kerukunan antar warga. Sebab, kerukunan juga tercipta dari adanya silaturahmi,” ungkap Pak Widi.

Terlepas dari itu, Dirinya juga mengingatkan kepada para warga RT.002 untuk tetap memakmurkan mushallah yang ada di lingkungan. “Mushallah sudah direnovasi dan diperbaiki dengan bantuan dana dari kita semua. Maka, ada baiknya kita penuhi mushallah kita dan makurkan mushallah Jami’atussalam,” imbaunya.

Di samping itu, kegiatan tahun baru islam ini bukan sekadar perayaan semata. Akan tetapi, melalui kegiatan tahun baru ini menjadi ajang berbagi sesama dengan memberikan santunan kepada yatim, dhuafa dan janda.

Lebih dari tiga puluh santunan diberikan kepada yatim, dhuafa dan janda yang ada di lingkungan RT. 002. “Semoga santunan ini menjadi berkah untuk kita semua,” tutupnya.