Tahlil Akbar Peringati 1000 Hari Wafatnya Alm. KH. Hasyim Muzadi

DepokNews-Peringatan 1000 hari wafatnya Alm. KH. Hasyim Muzadi berjalan dengan khusyuk dan khidmat. Acara tersebut diselenggarakan di dua tempat yaitu: Pesantren Al-Hikam Malang Jawa Timur dan Al-Hikam Depok Jawa Barat.
“Kegiatan ini dipusatkan di Pesantren Al-Hikam Malang, semua keluarga Abah (Alm. Hasyim Muzadi-red) hadir di Malang. Sementara yang di Depok juga diadakan acara khataman Al-Qur’an yang dilakukan para santri STKQ Al-Hikam II Depok sejak sehari sebelum acara. alumni, para kiyai dan tokoh masyarakat,”ujar Pengasuh Pesantren Al-Hikam Depok KH. Yusron Ash-Shidqi.

Menurutnya, dalam memperingati 1000 hari wafatnya Abah juga dengan pembacaan tahlil Akbar. Pasalnya, pembacaan tahlil juga di Pesantren dan Majelis binaan almarhum seperti: di Papua, Natuna, Aceh dan lainnya. “Dinamakan tahlil Akbar karena pembacaan tahlil dan doa untuk almarhum dilakukan perwakilan se-nusantara dan warga Nahdliyyin. Apalagi, para santri STKQ Al-Hikam juga melakukan pengabdian di pulau terluar,”ujar putra bungsu Alm. KH. Hasyim ini.

Pengurus Pesantren Al-Hikam Depok Ust. Hilmi mengungkapkan, dengan doa dan tahlil, diharapkan agar amal ibadah almarhum diterima Allah SWT. Ia menambahkan, khataman Al-Qur’an dan Semaan Al-Qur’an (baca Al-Qur’an 30 juz tanpa melihat teks-red). “Untuk yang di Malang, selain acara tahlilan dan khataman juga diisi dengan tausiyah agama,”paparnya.

Peringatan 1000 hari wafatnya Alm. KH. Hasyim Muzadi di Depok dipusatkan di makam yang berada di kawasan Pesantren Al-Hikam, Kukusan, Beji. Sebagai informasi, biasanya para peziarah mengunjungi makam KH. Hasyim Muzadi berasal dari berbagai daerah dan biasanya ramai pada week end atau liburan. Bahkan, dijumpai para peziarah menambahkan destinasi wisata religi setelah masjid kubah mas.