Oleh Halimah Yumna Zakiyyah

Ukhuwah islamiyah siapa yang tak mengenal kata “Ukhuwah Islamiyah?” pasti langsung terbesit di benak kita yaitu persaudaraan. Yupp benar sekali. Ukhuwah islamiyah adalah persaudaraan atas dasar iman islam yang akan menciptakan rasa kasih dan sayang sesama manusia dan akan berdampak baik bagi kehidupan di dunia. Dan pasti kata ukhuwah sudah tidak asing lagi bagi kita sebagai seorang muslim, namun tak banyak orang memahami kata ukhuwah tersebut. Mungkin hanya sebatas mengenal dan bertemu tanpa memaknai bahwa ukhuwah adalah perintah Allah yang telah tertulis dalam Al-Qur’an.

Adapun dalil dari al-Qur’ân, di antaranya firman Allah Azza wa Jalla:

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنتُمْ أَعْدَآءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

Artinya: Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu karena nikmat Allah, menjadilah kamu orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. [Ali Imrân/3:103]

dari potongan ayat diatas bahwa ukhuwah adalah salah satu nikmat dari Allah dan dapat menghindarkan diri kita dari api neraka. Selain itu manfaat ukhuwah bisa kita rasakan dari adanya tenggang rasa, toleransi dan itu menimbulkan keamanan dikehidupan selain itu mempererat silaturahmi. Jika kita membahas tentang ukhuwah pasti tidak jauh dengan silaturahmi. Rosulullah SAW bersabda:

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya: Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)

dari hadist diatas dapat di simpulkan bahwa setiap kali kita mempererat ukhuwan dan tali silaturahmi maka akan Allah panjangkan umurnya dan dilapangkan rezekinya.

Dan salah satu syarat masuk ke surga adalah orang yang tidak memutuskan silaturahmi nya, telah jelas dalam hadist:

لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَاطِعٌ

Artinya: Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan (silaturahmi)” (HR Bukhari .(dan Muslim

Jadi, mau sampai kapan bermusuh-musuhan? Hingga memutus tali persaudaraan dan jauh dari rahmat Allah? Sampai surga tak lagi dapat kita masuki? Naudzubillah..

Yuk sama-sama terus membangun tali silaturahmi dan persaudaraan kita sampai ke Jannahnya, hingga seorang teman mampu menjadi syafaat ketika di yaumil akhir kelak, maka perbanyaklah teman yang baik saat di dunia yang sementara ini 🙂