Ustad Nanang Buchori saat menyampaikan khutbah pada sholat gerhana bulan di Masjid Almarjan

DepokNews — Ratusan warga Muslim di Komplek Permata Depok Regency (PDR) Kelurahan Ratujaya dan sekitarnya memadati Masjid Al-Marjan.Kedatangannya untuk menggelar sholat gerhana bulan.

Sholat gerhana bulan ini di pimpin oleh Ustad Nanang Buchori. Sebelum melaksanakan sholat gerhana, Ketua DKM Masjid Al-Marjan Ustad Hendra Saputra memberi pemahaman kepada jamaah tata cara melaksanakan sholat gerhana bulan.

“Sebelum kita sholat, ada tata caranya terlebih dahulu. Ini jarang kita lakukan,” kata Ketua DKM Masjid Al-Marjan, Ustad Hendra Saputra , Rabu (31/1/2018).

Sholat gerhana bulan yang diimmai oleh Ustad Nanang Buchori berlangsung syhadu, pada rekaat pertama sebelum rukuk pertama setelah membaca surat Alfatihah dilanjutkan dengan membaca surat Arrohman dari awal ayat sampai akhir ayat.

Bacaan Ustad Nanang Buchori yang fasih dengan nada yang bacaan syahdu membuat banyak jamaah tidak bisa menahan suara tangis, bacaan surat surat Arrohman tersebut bak mengaduk-aduk qolbu mengingat besarnya nikmat Allah SWT kepada hamba-hambanya.

Meski sholat geerhana hanya dua rekaat namun lama pelaksanaan sholat lebih dari 30 menit, dan meski juga diikuti oleh anak-anak namun tidak terdengar suara berisik, semua larut dalam kesyahduan.

Selepas mengimami sholat gerhana bulan atau sholat khusuf, Ustad Nanang Buchori menyampaikan khutbah yang merupakan rangkaian dari sholat gerhana.

Dalam khutbahnya, Ustad Nanang Buchori mengatakan terjadinya gerhana bukan hanya fenomena alam, namun merupakan salah satu tanda-tanda kebesaran Allah SWT sang pencipta jagad raya dan seisinya.

“Dan banyak sekali tanda-tanda kekuasaan Allah di langit dan di bumi yang mereka lalui, sedang mereka berpaling daripadanya,” kata Ustad Nanang Buchori menterjemahkan Alquran surat Yusuf ayat 105.

Ustad Nanang Buchori mengajak para jamaah untuk selalu bersyukur dan memahami ayat-ayat Allah, baik ayat dalam Alquran atau ayat Qauliyah maupun jagad raya dan seisinya yang juga merupakan ayat-ayat Allah SWT atau ayat Kauniyah.

“Ayat Qauliyah adalah ayat-ayat yang sudah tertulis dalam Al qur’an sedangkan ayat-ayat Kauniyah adalah ayat-ayat Allah yang ada di sekitar kita alam, kejadian, persoalan hidup, dan semua dinamika yang ada dalam kehidupan.Sungguh Allah maha pengasih dan penyayang pada setiap makhlukNya. Semoga kita semua menjadi hamba yang pandai bersyukur,” pungkas Ustad Nanang Buchori sebelum menutup dengan doa pada khutbahnya.