foto (istimewa)

DepokNews–Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok saat ini sedang mengembangkan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Sistem tersebut digunakan untuk perencanaan pembangunan didaerah yang dapat diakses melalui situs jaringan resmi Kementerian Dalam Negeri.

 “SIPD ini akan mengintegrasikan seluruh informasi disetiap perangkat daerah melalui pengelolaan data berbasis elektronik,” ungkap Kepala Bappeda Kota Depok, Widyati Riyandani kepada berita.depok.go.id, belum lama ini.

 Widyati mengatakan, dalam pengelolaan data tersebut dilakukan melalui empat tahapan. Adapun tahapannya yaitu perencanaan data, pengumpulan data, pemeriksaan data, dan penyebarluasan data.

 Dalam hal ini, ujarnya, masing-masing perangkat daerah memiliki tugas dan fungsi dalam melakukan perencanaan dan pengumpulan data.Mengingat, data yang diberikan tersebut sesuai dengan perkembangan pembangunan di Kota Depok. Nantinya data tersebut akan digunakan untuk perencanaan pembangunan.

 “Sinergisitas dari perangkat daerah terkait sangat dibutuhkan dalam pengumpulan data, kemudian untuk pengelolaan data akan dikoordinasikan dan dilaksanakan oleh Bappeda, perangkat daerah sebagai produsen data. Serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok sebagai wali data,” tandasnya