DepokNews–Anggota Komisi Vlll DPR RI Fraksi PKS Dapil Jabar Vl Depok – Bekasi Hj. Nur Azizah Tamhid, BA. MA. serahkan bantuan Mesin Bor Tanah Biopori ke DPC PKS Cimanggis

Bantuan Mesin Bor Tanah Biopori ini diberikan dalam rangka mensukseskan Program Gerakan Shodaqoh 1.000 Biopori DPC PKS Cimanggis bertemakan “Selamatkan Air dan Udara Untuk Kehidupan”

Penyerahan Mesin Bor oleh Nur Azizah Tamhid diterima Heridianto selaku Ketua DPC PKS Cimanggis di kediaman Nur Azizah Tamhid di bilangan kelurahan Tugu, Cimanggis Depok pada kamis (06/08)

Acara serah terima turut dihadiri oleh Lolita, Ketua Komunitas Bank Sampah Cimanggis, Ernawan, Bendahara Umum DPC PKS Cimanggis dan Ahmad Syihan Isma’il, Sekretaris DPRa PKS Tugu.

Nur azizah menuturkan harapannya kepada Ketua DPC PKS Cimanggis agar dengan adanya tambahan alat ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mensukseskan program tersebut.

“Pak Heri, ini bantuan mesin untuk pelubang biopori semoga bermanfaat untuk masyarakat” ujar Nur Azizah.

Heridianto selaku Ketua DPC PKS Cimanggis mengapresiasi dan mengucapkan terimakasihnya atas bantuan mesin bor tanah untuk lubang biopori. “Kepada ibu Nur, kami ucapkan terimakasih atas wakaf mesin pelubang biopori untuk mendukung program sodaqoh biopori di wilayah Cimanggis Depok yang saat ini alhamdulillah sudah mencapai 475 dan Insyaalloh dengan adanya bantuan mesin ini percepatan menuju 1.000 lubang biopori bahkan lebih, akan segera tercapai. Ini sangat bermakna sekali dan semoga apa yang di waqafkan ini menjadi amal solehah dan ini pahalanya akan terus berkelanjutan. Ini bukan program yang saat ini saja namun akan terus kita jaga karena setelah melakukan pelubangan kita juga melakukan maintenance. Mesin ini sangat bermanfaat, ilustrasinya untuk membuat satu lubang biopori, jika kita melakukan secara manual membutuhkan waktu 1 jam tapi dengan menggunakan mesin ini insya Alloh hanya perlu waktu 1 menit, oleh karenanya performanya sangat baik” jelas Heridianto.

Lolita selaku Ketua Komunitas Bank Sampah Cimanggis juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Nur Azizah dan DPC PKS Cimanggis yang telah melibatkan dirinya dalam program ini. Dia optimis akan segera terwujud kota yang bersih, sehat dan asri serta harapannya zero waste city akan segera terlaksana.

“Terimakasih saya ucapakan kepada bu Nur Azizah dan jajaran kepengurusan DPC PKS Cimanggis karena telah mengajak saya sebagai Ketua Komunitas Bank Sampah Cimanggis untuk mensukseskan program pilah sampah dengan metode lubang biopori sehingga menciptakan kota yang bersih, sehat dan asri akan segera tercipta kedepannya sehingga menuju zero waste city Insya Alloh akan segera tercapai di tahun 2025 di kota Depok” ujar Lolita.

Program ini merupakan inisiasi para kader PKS Cimanggis untuk ikut serta berperan aktif dalam memperbaiki ekosistem dan lingkungan serta mengimplementasikan Perda Kota Hijau.

Adapun manfaat biopori bagi lingkungan dan kehidupan sehari-hari diantaranya mengatasi banjir, tempat pembuangan sampah organik, penyubur tanaman, sebagai penambah daya resap air di lingkungan rumah, tanah semakin sehat karena biota tanah serta meningkatkan kawasan hijau.

Kepada para Kader dan Pengurus DPC PKS Kecamatan Cimanggis dan Komunitas Bank Sampah Cimanggis saya ucapkan terimakasih, dan apresiasi setinggi tinggi atas tekad bersedekah 1000 lubang Biopori kepada masyarakat Cimanggis. Semoga Kecamatan Cimanggis segera dapat menjadi contoh masyarakat yang sukses dalam mengelola sampah secara komprehensif, memilah sampah sejak dari rumah dan memanfaatkannya tanpa merusak lingkungan sesuai dengan PERDA No 5 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah dan UU No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, ujar Nur Azizah. Sementara dalam beberapa kali Reses di Depok, masih banyak ditemukan warga membuang sampah tidak pada tempatnya, warga atau kelompok warga membakar sampah sembarangan, gundukan sampah di TPS yang campur baur tidak dipilah sehingga potensial menimbulkan polusi bau busuk dan penyebaran berbagai sumber penyakit. Ayo terus kader, pengurus dan simpatisan PKS Kecamatan Cimanggis, berikan contoh mulai dari diri sendiri dan gerakkan masyarakat agar melakukan pemilahan sampah sejak dari rumah, jangan buang sampah sembarangan, jangan bakar sampah dan manfaatkan sampah sebagai sumber berkah dan nilai tambah, pungkas Nur Azizah.