Lurah Sukatani, Cahyanto. (Istimewa)

DepokNews – Kelurahan Sukatani optimis meraih juara Lomba Kelurahan se-Kota Depok. Pasalnya, tiga program unggulan sudah diperkenalkan, di antaranya Sistem Jemput Berkas (Si Jember), Kampung Tematik dan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Lurah Sukatani, Cahyanto menuturkan, Si Jember merupakan inovasi di wilayahnya dalam memberikan pelayanan ke masyarakat di masa pandemi. Si Jember juga dapat mengurangi kerumunan di kantor Kelurahan Sukatani.

“Warga yang ingin mengurus berkas ke kelurahan kini cukup ke RW saja dengan melengkapi persyaratan berkas yang akan diurus,” tuturnya, Selasa (04/05/21).

Ia menjelaskan, nantinya pihak RW yang akan menghubungi kelurahan. Kemudian, pihak kelurahan akan turun menjemput berkas, lalu yang lengkap akan segera diproses.

“Setelah berkas selesai akan dikembalikan lagi ke RW. Warga dapat mengambil berkas yang sudah selesai ke RW masing-masing,” jelasnya,

Lanjut Cahyanto, selain Si Jember, Sukatani juga memiliki sejumlah kampung tematik. Antara lain di RW 20 ada Kampung Budikdamber atau Budidaya Ikan Lele dalam Ember dan Kampung Anggur di RW 12.

“Kampung Budikdamber, saat ini tidak hanya memproduksi lele tapi juga olahannya. Seperti, bakso lele, nutget lele dan siomay lele,” katanya.

Dikatakannya, budidaya bunga teleng yang sudah diolah menjadi teh dan sirup juga ada di RW 20. Kemudian, ada Kampung Anggur di RW 12.

Selain itu, tambahnya, ada 22 jenis tanaman anggur yang di budidayakan. Anggur dipilih karena tidak memerlukan lahan yang luas dan tanamannya bisa bertahan lama serta buahnya juga dapat dimanfaatkan.

“Lomba kelurahan ini merupakan ajang evaluasi bagi kita. Menang bukan suatu tujuan. Namun merupakan evaluasi dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan juga masyarakat,” pungkasnya. 

Sumber : depok.go.id