Sumber Gambar : Unplash

Apakah Anda sudah mencintai diri Anda sendiri? Seringnya, seseorang lebih mudah mencintai orang lain ketimbang mencintai dirinya sendiri. Terkadang, Anda lebih sulit menerima kekurangan diri Anda sendiri ketimbang kekurangan orang lain, padahal mencintai diri merupakan hal yang sangat penting. Dengan mencintai diri sendiri, Anda tidak akan merasa insecure terhadap yang dimiliki orang lain, hidup Anda menjadi lebih tenang dan nyaman.


Ada baiknya, sebelum Anda mencintai orang lain, Anda terlebih dahulu sudah mencintai diri Anda sendiri. Mencintai diri sendiri tidak hanya bermanfaat bagi Anda namun juga orang di sekitar Anda, salah satunya pasangan, apalagi Anda akan menjalani kehidupan yang panjang bersama pasangan hidup.

Jika mencintai orang lain terkadang membuat Anda menjadi susah sendiri karena berkorban waktu, pikiran bahkan materi, untuk mencintai diri sendiri tidaklah sesulit mencintai orang lain, namun hal ini tetap dibutuhkan tekad yang kuat.


Mencintai diri sendiri atau yang biasa disebut dengan self-love bukan berarti Anda menjadi pribadi yang egois, namun justru Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Anda dapat menerima kelebihan tanpa merasa tinggi hati, dan Anda juga dapat berlapang dada untuk merangkul semua orang. Betapa indah ketika hidup Anda jauh dari kesombongan dan berisi ke ikhlasan? Dua hal ini tidak bisa Anda dapatkan di sebuah toko, sebanyak apapun harta yang Anda miliki, karena dua hal ini adanya di dalam diri Anda sendiri, hanya Anda yang dapat menciptakan kebahagian tersebut.


Mencintai diri sendiri berarti memenuhi segala kebutuhan Anda serta tidak mengorbankan diri Anda sendiri untuk menyenangkan orang lain. Salah satu bentuk mencintai diri sendiri adalah menerima kekurangan diri, percaya pada diri sendiri, jujur, bersikap baik kepada diri sendiri serta memberi maaf kepada diri sendiri ketika melakukan sebuah kesalahan.


Ketika Anda sudah mampu mencintai diri sendiri, Anda akan memancarkan aura positif karena hidup Anda menjadi lebih bahagia. Anda pun bisa lebih memfokus mengembangkan diri Anda karena Anda percaya kepada kemampuan yang Anda miliki.


Mencintai diri sendiri akan menghasilkan mental dan fisik yang sehat, mental dan fisik yang sehat akan membuat hidup menjadi lebih nyaman, aman, serta bahagia.
Tulisan ini bersumber dari laman Hello Sehat.