ilustrasi

Sudah Cukup Tidur, Tetapi Masih Lelah? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Posted on 22 views
DepokNews — Lemas dan tak bergairah adalah salah satu cara tubuh untuk meminta istirahat. Biasanya setelah cukup istirahat, tubuh akan kembali segar dan siap menjalani aktivitas seperti biasa. Namun, apa yang salah jika setelah istirahat yang cukup, tubuh masih terus merasa lelah.Tidur adalah salah satu istirahat terbaik bagi tubuh yang dapat mengembalikan energi. Sejumlah ahli merekomendasikan untuk orang dewasa agar tidur selama tujuh hingga sembilan jam dalam satu hari. Jika Anda merasa telah cukup tidur namun masih selalu merasa lelah, mungkin beberapa hal di bawah ini adalah penyebabnya.

Walaupun tidur sesuai waktu yang direkomendasikan, belum tentu tidur Anda berkualitas. Tidur yang tidak berkualitas berpotensi membuat Anda merasa lelah sepanjang hari. Salah satu penyebab tidur Anda tak berkualitas adalah kurang olahraga.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Hindari berolahraga pada waktu yang sangat dekat dengan jam tidur. Rasa lelah yang timbul bisa jadi malah membuat Anda sulit tidur dan terjaga sepanjang malam.

“Sebaiknya pilih waktu, setidaknya tiga jam sebelum tidur untuk melakukan olahraga. Pilihlah olahraga yang dapat meningkatkan kualitas tidur seperti yoga,” kata seorang ahli, Rubin Naiman, Ph.D. seperti dikutip dari Huffingtonpost.

Hal lain yang dapat menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang hari adalah stres. Sebab saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang besar. Menurut Naiman, produksi hormon yang tinggi ini dapat mengganggu ritme tubuh Anda, dan rasa lelah akan muncul sebagai hasilnya.

Bisa jadi, saat tidur di malam hari, Anda mengalami mimpi buruk yang kemudian menyebabkan Anda merasa stres dan tak berhenti memikirkannya saat terbangun di pagi hari. Jika sudah demikian, Anda akan merasakan lelah sepanjang hari dan sulit tidur pada malam selanjutnya.

Meskipun begitu, Anda dapat menguranginya dengan melakukan jenis olahaga yang bersifat relaksasi, yaitu yoga.

Mengutip dari express.co.uk, Anda akan semakin mudah merasakan lelah saat tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. Sebab sebagian besar tubuh Anda terdiri dari air, dan kurang minum bisa jadi pemicu tubuh merasa lemas dan lelah.

Minumlah setidaknya enam gelas air putih setiap harinya. Kebiasaan ini akan membantu Anda menjaga keseimbangan cairan tubuh agar terhindar dari kondisi sulit tidur di malam hari.

Jika Anda yakin telah memiliki tidur malam yang cukup, coba perhatikan pola makan Anda. Salah memilih asupan makanan juga bisa memicu rasa lelah. Apalagi jika Anda tengah menjalani program diet.

Saat diet, seseorang biasanya akan membatasi asupan makanan tertentu ke dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tubuh merasa lelah. Terlebih jika diet yang Anda jalani menjauhkan Anda dari sumber vitamin seperti buah-buahan dan sayuran.

Nah, jika tubuh Anda sering merasa lelah, usahakanlah untuk menghindari empat hal di atas agar tubuh Anda senantiasa bugar dan lancar dalam beraktivitas.