Study Tour, Siswa TK Mutiara Azra Depok Berkunjung ke Kantor Pemadam Kebakaran

Posted on 3 views

DepokNews- Mengenalkan tugas dan profesi Pemadam Kebakaran, TK Mutiara Azra berkunjung ke UPT Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Limo, di Jalan Raya cinere, Selasa (18/4). Kunjungan dalam rangka study tour ini juga diisi dengan kegiatan mengenalkan perlengkapan petugas pemadam kebakaran saat menjinakkan api.

Kepala TK Mutiara Azra, Nurhayati mengatakan dalam kunjungan ini siswa dikenalkan profesi petugas Damkar. Serta atribut yang dikenakan petugas Damkar saat terjadi kebakaran. Seperti jaket, helm, masker serta sepatu boat. Misalkan jaket, jaket yang dikenakan bukan anti api tetapi anti panas. Jadi ketika dikenakan tidak akan terasa panas.

“Siswa jadi mengetahui bagaimana kelengkapan serta kinerja dari petugas Damkar, saat menghadapi kejadian kebakaran,” jelas Yanti sapaan akrabnya.

Alat kelengkapan petugas lainnya yang dijelaskan seperti Alat Pemadam Ringan (Apar). Siswa jadi tahu bentuk dan fungsi dari Apar. Selain itu, TK yang berlokasi di Vila Mutiara Cinere, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo ini, juga berkesempatan berkeliling naik mobil Damkar. Dan bermain air yang disemprotkan melalui selang yang biasa digunakan saat kejadian kebakaran.

“Keliling naik mobil Damkar, main air pasti siswa puas dan senang. Bermainnya dapat, belajarnya juga dapat,” tukasnya.

Sementara itu, orang tua siswa TK Mutiara Azra, Indah Ika mengaku senang anaknya dapat berkunjung ke Damkar. Selama ini hanya melihat saja ketika mobil Damkar lewat, kini bisa naik dan berkeliling. Juga mendapatkan kesempatan mengetahui alat petugas Damkar dan bahaya api jika bermain sembarangan.

“Anak-anak jadi tahu jika bermain api bahayanya seperti apa. Dan bagaiman mengatasi saat api masih kecil, semua dijelaskan petugas,” pungkasnya.(mia)