DepokNews- Kota Depok kini berada dalam zona orange penyebaran Covid-19. Setelah beberapa minggu ada di zona merah, hal itu berdasarkan data yang dikeluarkan BNPB.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, perubahan status zonasi Kota Depok tidak terlepas dari berbagai upaya Tim Satgas Covid-19 Kota Depok. Tim Satgas berupaya melakukan penanganan Covid-19 mulai dari hulu ke hilir.

“Zona resiko daerah Kota Depok alami perubahan dari merah ke orange,” katanya, Kamis (12/8).

Untuk mengendalikan penularan Covid-19 di Kota Depok, Satgas Penanganan Covid-19 telah menambah tempat tidur sehingga pasien Covid-19 dapat ditangani di rumah sakit. Dengan penambahan tersebut BOR di Kota Depok mengalami penurunan.

“BOR di Kota Depok telah di bawah 60 persen sesuai dengan standar WHO,” terang Dadang.

Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 berupaya meningkatkan kapasitas testing dengan menambahkan tenaga tracer. Bahkan, program Swab Keliling telah digulirkan guna mendukung percepatan tracing.

“Kapasitas testing telah kami tambahkan,” ucap Dadang.

Dadang melanjutkan, pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan masyarakat, peran Kampung Siaga Tangguh Jaya (KSTJ) mampu berperan mengendalikan penularan COVID-19. Masyarakat diminta menerapkan protokol kesehatan setiap aktivitas kegiatan.

“KSTJ ikut membantu upaya penekan penularan Covid-19 di masyarakat,” tutupnya.