Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Depok, Sri Utami

DepokNews- Ketua Fraksi PKS DPRD Depok Sri Utami, mengaku masih ada Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dituntaskan di wilayah Cimanggis. Terutama masalah dalam penanganan lingkungan. 

Menurutnya, lingkungan hidup menjadi salah satu masalah yang paling serius untuk dibenahi, terutama sampah.

Pemkot Depok sudah melakukan terobosan yang cukup baik sehingga menjadi contoh dan ispirasi bagi kota lain, yaitu pengelolaan sampah berbasis kawasan. Itu memangkas rantai pengelolaan sampah yang selama ini konvensional, cuma ditumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). 

“Ada dua program mengatasi sampah, yakni bank sampah dan UPS. Kita sudah berusaha memangkas hingga bisa diselesaikan semaksimal mungkin,” ujar Sri. 

Sedangkan untuk masalah air, Sri melanjutkan Indonesia akan mengalami krisis air yang sangat serius. Khusus pulau jawa, tahun 2040 diprediksi akan kehabisan air.

Untuk itu kata dia, harus ada tindakan luar biasa untuk menyelamatkan air. Caranya dengan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan penghematan air. Dia minta kedepan harus ada kebijakan untuk melakukan masalilasi sumur resapan.

“LPM atau RT/RW saya minta tidak lagi mengusulkan masalah drainase atau pengaspalan jalan. Cobalah buat program yang bisa mengembalikan air hujan kedalam tanah, jadi sumur-sumur masyarakat terisi lagi,” tandasnya.(mia)