DepokNews – Rencana Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) membuat aplikasi jalan di Depok yang bisa diakses oleh masayarakat diapresiasi oleh anggota Komisi C DRPDR Depok, Sri Utami.

Menurutnya sebagai Kota, Depok memang sudah seharusnya memanfaatkan teknologi informasi dalam melayani masyarakat salah satunya adalah data infrastruktur seperti jalan.

“Ini pernah saya utarakan kepada Kadis PUPR dan alhamdulillah beliau responsif dan sudah langsung akan dibuat dan sudah diumumkan kemarin saat Forum OPD PUPR Rabu 17 feb 2021 kemarin,” ujar Sri Kamis, 18 Februari 2021.

Dalam sistem informasi jalan tersebut kata Sri diharapkan akan berisi data lengkap sehingga masyarakat mendapat informasi yang valid dan update.

“Seperti status jalan, apakah milik pusat, propinsi, kota hingga jalan lingkungan, ukuran panjang lebar jalan, tanggal pembangunan, tanggal perawatan, kondisi eksisting, rencana pembangunan dan pengembangan. Jadi masyarakat bisa mengakses informasi,” katanya.

Jika ini ada dalam aplikasi Sri meyakini akan sangat membantu saat perencanaan pembangunan di musrenbang setiap tahunnya, serta kontrol untuk mengagendakan perawatan.

“ Kedepan tidak akan ada lagi jalan yang berulang yang diusulkan dibangun, karena tercatat tanggal pembangunannya, begitu juga yg bertahun2 tdak dijadwalkan dibangun, karena sudah bs diketahui umur optimalnya. Sebaliknya masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi mengusulkan jalan mana yang perlu di bangun, mana yang berlubang dan perlu segera di tambal sehingga akan memudahkan PUPR untuk mengentaskan masalahnya,” bebernya.

Atas inisiatif kerja DPUPR Sri mengapresiasinya dan sudah seharusnya ASN mencari terobosan dan kerja yang cerdas untuk menyelesaikan persoalan masyarakat.

“ Begitu pula untuk drainase. Semua diharapkan bisa terpetakan,” ungkapnya

Sri berharap dengan adanya rencana pembuatan aplikasi tersebut bisa disinergikan denga aplikasi yang ada seperti DSW atau SIGAP.

“Dan ini bisa diikuti oleh dinas lain seperti DLHK untuk pendataan jumlah pohon, sumur resapan, RTH, sampah dll. Partisipasi masyarakat untuk terlibat dan bisa terlibat mengusulkan sejalan dengan visi – misi Wali kota dan Wakil Wali Kota Depok terpilih yaitu membangun infrastruktur yang maju, ramah lingkungan dan partisipatif,” pungkasnya.