DepokNews-Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) mengikuti semua jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru secara nasional. Semua program D4 atau Sarjana Terapan akan diikutkan pada SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).


Untuk program D3 akan mengikuti jalur SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri) dan SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri).
“Yang terakhir adalah jalur Ujian Mandiri Politeknkik Negeri Jakarta Tahun 2021. Di jalur ini kami membuka peluang lebh banyak lagi kepada adik-adik siswa untuk mengikuti semua jalur seleksi nasional baik bagi D4 maupun D3, program kerjasama dan Magister,” jelas Ketua Panitia Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru PNJ, Arliandy P Arbad, M.Eng, Jum,at (29/01/21).


Jadwal proses penerimaan pada semua jalur, lanjutnya, dapat dilihat di website kami di https://pnj.ac.id/ dan perhatikan juga beberapa persyaratan khusus yang tidak terdapat di LTMPT maupun FDPNI. Misalnya Surat Keterangan Bebas Narkoba.”Kita berharap mereka yang lolos ujian tidak memiliki riwayat konsumsi narkoba. Untuk itu, kami akan adakan verifikasi berkas dan validasi terkait persyaratan khusus,” tuturnya.


Prof. Budi P Widyobroto selaku Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT menjelaskan, informasi sistem seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2021 dapat diunduh pada laman https://www.ltmpt.ac.id. Khusus untuk 40 Politeknik yang bergabung dengan LTMPT, termasuk PNJ hanya untuk program studi D4 atau Sarjana Terapan.
Menurutnya, kebijakan yang diterapkan dari tahun 2008 adalah Single Sign On. Artinya semua yang terlibat harus mempunyai akun LTMPT. Baik sekolah yang ingin mengisi PDSS, siswa eligible yang ingin mendaftar di SNMPTN maupun pendaftar UTBK SBMPTN. Terutama siswa kelas 12 dan sekolah yang belum memiliki. Tetapi bila sudah punya akun di tahun sebelumnya namun lupa, cukup minta bantuan tanpa perlu membuat akun baru.“Beberapa masalah seperti nama Kepala Sekolah tidak muncul atau terjadi kesalahan data sekolah, silakan perbarui data pada laman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/. Kemudian tunggu verifikasi data dengan memantau laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt/, Pusdatin akan melakukan sinkronisasi setiap pukul 02.00 dini hari. Data tidak akan berubah, sebelum tombol ‘Perbarui Data’ di-klik. Kemudian cek data sekolah di DAPODIK,” jelasnya.


Tetapi, lanjut Budi, jika terjadi kesalahan dalam input data atau foto dan akun sudah disimpan permanen, sesuai dengan disclaimer pada laman pendaftaran data pada akun LTMPT tidak dapat diubah. Karena itu, dirinya mengimbau mengikuti panduan dengan seksama, apalagi registrasi siswa tahap 1 akan ditutup 1 Februari, pukul 15.00.” Periksa kotak masuk atau spam pada email yang didaftarkan untuk melihat email aktivasi, jika 1×24 jam belum juga mendapatkan coba mendaftar kembali,” imbaunya.
 
KIP – Kuliah
Pertama yang harus dicatat adalah yang sudah diterima di jalur SNMPTN harus daftar ulang, tidak dapat diterima di jalur SBMPTN. Metode SBMPTN merupakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dengan materi mencakup Tes Kompetensi Akademik (TKA) selain Tes Potensi Skolastik (TPS).


Peserta UTBK adalah siswa kelas 12 maupun angkatan 2019 dan 2020 serta paket C yang pada 1 Juli 2021 berumur 25 tahun. Setiap peserta hanya boleh mengikuti 1 kali tes dalam salah satu pilihan kelompok ujian saintek, soshum atau campuran, yang dilaksanakan dalam 2 gelombang pada 12 – 18 April (gelombang 1) dan 26 April – 2 Mei (gelombang 2).


Pendaftar UTBK wajib memiliki akun LTMPT, melakukan login ke https://portal.ltmpt.ac.id dan memilih menu verifikasi dan validasi data siswa sebelum menu pendaftaran untuk mengisi lokasi, jenis dan sesi ujian guna mendapatkan slip pembayaran. Setelah pembayaran di bank,kembali login untuk mencetak kartu peserta UTBK.


Bagi peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan dalam skema Kartu Indonesia Pintar – Kuliah (KIP-K). Semua informasi detail dapat dilihat pada website Pusat Layanan Pembiayaan Pendidkan di https://puslapdik.kemdikbud.go.id. “Kami hanya mengambil data dari Puslapdik, tetapi LTMPT tidak mengurus KIP – Kuliah,” tandas Prof. Budi.


 Sementara itu, Ketua FDPNI (Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia), Dr.  Zainal Arief, M.T. mengatakan sebagai pendidikan tinggi vokasi atau terapan, Politeknik berbeda porsi. Keterampilan lebih banyak pada kurikulumnya.”Ini menjadi suatu kelebihan, karena lulusannya akan skillfull menghadapi peralatan yang ada di dunia kerja/industri. Untuk jenjang sama, sehingga siswa SMA/SMK/MA bisa memilih program D3 ataupun Sarjana Terapan di Politeknik,” ujar Zainal Arief, M.T.


Dikatakan, para siswa bisa memilih sesuai dengan keinginannya dan kompetensi yang akan didapat, informasinya dapat dilihat di https://politeknik.or.id. SNMPN 2020 dibuka sejak 11 Januari dan pendaftaran akan ditutup 19 Maret”Jangan buru-buru melakukan finalisasi, karena mungkin masih perlu diskusi untuk menetapkan prodi yang dipilih,” saran Zainal yang juga sebagai Ketua Pengelola SNMPN dan SBMPN.


Menurutnya, FDPNI hanya menjadi fasilitator, artinya seleksi dikembalikan kepada masing-masing Politeknik. Seluruh pertanggungjawaban, mulai dari persyaratan, seleksi hingga pengumuman, dikembalikan ke masing-masing Politeknik. “Tidak dipungut biaya apapun untuk SNMPN, ini penting untuk diketahui dan diperhatikan oleh masyarakat,” tegasnya.
SNMPN sebagai salah satu jalur penerimaan di Politeknik, merupakan jalur undangan atau prestasi. Selain itu, terdapat juga jalur ujian yang disebut SBMPN. Keduanya untuk jenjang Diploma 3 yang diselenggarakan FDPNI, sedangkan jenjang Sarjana Terapan dilaksanakan oleh LTMPT. Selain itu, ada juga jalur Ujian Mandiri yang diadakan oleh masing-masing Politeknik.


Direktur PNJ Zaenal Arifin melalui Wadir I, Nunung Martina menyampaikan.
Terpenting dari semua teknis, carilah informasi tentang jalur penerimaan dan pendaftaran mahasiswa baru sejelas-jelasnya melalui laman resmi. Info ini dapat diunduh di https://pnj.ac.id/ dan https://politeknik.or.id serta https://ltmpt.ac.id. Atau folow saja Instagram PNJ di politekniknegerijakarta.