DepokNews–Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) bekerjasama dengan Wihdatul Ummah kembali melakukan sosialisasi gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi Siswa Sekolah Dasar Se-Jabodetabek. Kali ini, Jumat (21/11/2019) sosialisasi PHBS diadakan di Masjid Falakul Kharim Jln. H. Dimun, Depok, Jawa Barat dengan peserta murid dari PAUD SBB Bintang Kecil.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB itu diikuti ratusan siswa yang dengan semangat mengikuti rangkaian kegiatan tersebut diantaranya praktek cuci tangan dan gosok gigi secara baik dan benar.

Kepala Sekolah PAUD SBB Bintang Kecil, Siti Rahayu atau yang akrab dipanggil Bu Titik mengatakan kegiatan tersebut manfaatnya sangat dirasakan para siswa dan berharap kegiatan tersebut bisa berkesinambungan.

“Kegiaatan seperti ini manfaatnya nyata, kalau bisa jangan hanya sekali diadakannya namun bisa terus berkelanjutan pada waktu yang lain,” kata Siti Rahayu.

Sedangkan Manager Wihdatul Ummah, Anton Hardiantoni, menjelaskan, kegiatan PHBS adalah salah satu program kegiatan di bidang kesehatan yang bertujuan memperkenalkan gaya hidup bersih dan sehat pada anak-anak sejak dini.

“Kegiatan ini akan digelar di sekolah-sekolah di wilayah Jabodetabek khususnya daerah berpenduduk menengah ke bawah, Kegiatan ini sudah yang ke 11 dari 12 lokasi . Jumlah peserta pada saat sosialisasi untuk murid PAUD Bintang Kecil sebanyak 80 siswa,” kata Anton.

Pada kegiatan ini hadir dua orang nara sumber yang memberikan penjelasan sekaligus praket praktek cara cuci tangan dan gosok gigi yang baik dan benar.

Nara sumber pertama, drg. Dewi Untari R yang memberikan penjelasan cara menggosok gigi secara benar sekaligus membimbing anak-anak untuk praktek gosok gigi.

“Menggosok gigi secara baik dan benar sangat penting untuk mejaga kesehatan gigi, terlebih untuk anak-anak agar giginya selalu bersih dan sehat,” kata drg. Dewi Untari R.

Sedangkan Atih Rahayuningsih, M. Kep. Sp. Kep. J, dosen keperawatan yang pada kegiatan tersebut memberikan penjelasan tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar serta membimbing anak-anak untuk praket cuci tangan mengatakan, dengan mencuci tangan secara benar maka akan bisa mengindarkan anak dari berbagai penyakit.

“Mencuci tangan yang benar harus dengan air yang mengalir, dengan sabun. Tekniknya telapak tangan terlebih dahulu, sela-sela jari, kemudian antara kukunya baru dibilas dengan air mengalir lalu dikeringakan dengan tissue atau kain bersih, atau tangannya diangin-anginkan,” kata Atih Rahayuningsih.