Intan Fauzi saat sosialisasi empat pilar di Sukmajaya (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews- Sosialisasi empat pilar dilakukan Anggota MPR Intan Fauzi, di Aula Kantor Sekretariat RW09, Jalan Siak, Kecamatan Sukmajaya, Sabtu (1/1/2020).

Dalam sosialisasi tersebut Intan mengatakan sosialisasi empat pilar sebenarnya bisa juga dilakukan kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tentunya dengan menggunakan bahasa yang berbeda.

“Kita melakukan sosialisasi audience berbeda-beda, ada tokoh masyarakat, kaum milenial bahkan bisa juga anak PAUD yang mempunyai sosialisasi berbeda,” kata Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Intan mengatakan empat pilar MPR RI terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ia melanjutkan, sejak usia dini perlu juga dikenalkan Bhineka Tunggal Ika, misalnya ada temannya yang dari Jawa, Sunda, Sumatera, Kalimantan dan lainnya. Diberi penjelasan perbedaan tersebut jangan sampai perbedaan ini menjadi perpecahan.

“Justru keberagaman yang kita miliki merupakan kekuatan kita sebagai bangsa Indonesia,” ucapnya.

Intan mengatakan sosialisasi empat pilar dengan tokoh masyarakat dan masyarakat umum lainnya maka berbicara ketatanegaraan dan ada harus nara sumber utama.

Sedangkan jika melakukan sosialisasi dengan ibu-ibu maka bisa dibahas musyawarah mufakat dalam suatu lingkungan itu seperti apa, sehingga mereka semua memahami dalam mengambil keputusan yang bisa diterima semua pihak.

Menurut Intan kalangan milenial juga perlu sosialisasi empat pilar terutama mengenai wawasan kebangsaan. Jangan sampai mereka terpapar budaya luar yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia.

“Dari semua itu yang paling penting adalah mengamalkannya. Bicara hafal, semua hafal Pancasila, tapi mengamalkannya itu yang sering kita lengah,” tutup Intan.(mia)