DepokNews – Anggota MPR RI Fraksi PKS, Hj. Nur Azizah Tamhid, B.A., M.A, menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Rumah Peduli Nurul Fikri, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Kota Depok, pada Kamis (24/09). Kegiatan diikuti oleh 150 peserta, diantaranya 22 peserta hadir secara fisik dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dan sisanya mengikuti kegiatan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan digelar dalam rangka Sosialisasi Daerah Pemilihan Anggota DPR/MPR RI di dapil Jabar VI Kota Depok dan Kota Bekasi.

Menurut Nur Azizah, sosialisasi empat pilar merupakan kegiatan yang secara rutin digelar anggota MPR sebanyak tiga kali dalam setahun. “Tujuan sosialisasi ini untuk memberikan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional yang terdiri dari Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, dimana ke empat landasan itu harus dapat bersinergi dengan baik dalam diri masyarakat Indonesia, khususnya di Kota Depok dan Kota Bekasi”, jelas Nur Azizah.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga jam ini mendapat apresiasi dari Hakim Siregar, Kepala Kesbangpol Kota Depok. “Saya sangat mengapresisasi kegiatan yang digelar ibu Nur Azizah, Empat Pilar MPR RI harus sejalan dengan tugas dan fungsi kesatuan bangsa dan politik yang terkait dengan urusan pemerintahan umum, yang meliputi pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam rangka menetapkan pengamalan Pancasila, pelaksanaan Undang Undang Dasar 1945, pelestarian Bhineka Tunggal Ika serta pemeliharaan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya berharap sosialisai empat pilar ini dapat mempertahankan implementasi kehidupan berbangsa dan dapat meningkatkan rasa cinta tanah air, dapat menanamkan jiwa nasionalisme dalam ideologi bangsa, dan dapat menumbuhkembangkan jiwa patriotisme serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan”, jelas Siregar.

Apresiasi juga disampaikan secara virtual oleh Lienda Ratna Nurdiani, selaku Kepala Satpol PP Kota Depok. Menurut Lienda, empat pilar harus bisa bersinergi untuk mewujudkan kerukunan. “Kami mengapresiasi acara ini dan senang sekali bisa hadir. Saya berharap bahwa pertemuan ini bisa mendukung ketenteraman dan ketertiban umum, hal ini sejalan dengan tugas kami sebagai Satpol PP. Harapannya dengan adanya sosialisasi empat pilar ini dapat meningkatkan kepatuhan dalam pelaksanaan penegakan hukum. Karena bila ada masyarakat yang tidak patuh dengan hukum, akan mengganggu ketenteraman dan ketertiban yang dapat menimbulkan konflik yang mengganggu keamanan sekaligus dapat mngurangi potensi terjadinya konflik”, jelas Lienda.

Selain itu, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Depok, Sri Utami, mengapresiasi komitmen Ibu Nur Azizah yang merupakan realisasi dari PKS untuk menjadikan Pancasila sebagai pedoman berbangsa dan bernegara. “Selain itu Ibu Nur sebagai anggota Komisi VIII DPR RI juga konsisten menolak RUU HIP (Haluan Ideologi Pancasila), ibu Nur salah satu yg mengupayakan untuk mengembalikan Pancasila agar tidak pernah berubah”, terang Sri Utami.

Sementara itu menurut Hasanudin, salah satu peserta sosialisasi yang merupakan warga kecamatan Beji, Depok, sosialisasi empat pilar ini harus disampaikan ke semua tokoh masyarakat agar masyarakat tidak keliru dalam memahami empat pilar ini. “Harus secara rutin disampaikan kepada tokoh-tokoh masyarakat, untuk mewujudkan rasa aman nyaman dan sejahtera”, terang Hasanuddin.

Sejalan dengan itu, menurut Nur Azizah, “Pengokohan empat pilar memang perlu digelar secara rutin, tidak hanya tiga kali dalam setahun, agar masyarakat paham dan tidak mencontoh perilaku pemimpin yg kurang baik, serta tetap menjadikan Pancasila sebagai dasar ideologi negara. Harapan saya, setelah mengikuti kegiatan ini, kecintaan dan keinginan kita untuk berdaya bagi negara ini semakin tumbuh”, pungkas Nur Azizah.