DEPOK- Sebanyak 1.250 sopir angkutan kota (angkot) di Depok mendapat bantuan paket sembako dari pedangdut Dewi Perssik. Bantuan ini diberikan atas inisiasi sebuah platform bernama Baikhati.id yang bekerjasama dengan Dewi dan tokoh Kota Depok Afifah Alia.

Dewi menuturkan sopir angkot juga memerlukan perhatian. Mereka juga sangat terdampak akibat pandemi. Dewi pun teringat sosok ayahnya yang pernah menjadi sopir angkot di Jember, Jawa Timur. “Dulu papi saya itu kalau malam narik angkot karena itu saya teringat sopir angkot juga perlu diberi bantuan,” katanya, Kamis (12/8/2021).

Dia memahami kesulitan yang dialami para sopir. Pembatasan aktivitas membuat jumlah penumpang menjadi turun drastis dan penghasilan juga anjlok. “Semoga bantuan ini bisa meringankan beban para sopir,” harapnya.

Ditempat yang sama, relawan Baikhati.id wilayah Depok, Afifah Alia mengatakan semangat berbagi akan terus digaungkan. Tidak hanya dilakukan secara door to door untuk warga yang terdampak pandemi dan kurang mampu, tapi juga membagikan kepada ribuan sopir angkot se-Kota Depok. Diharapkanbantuan sosial ini dapat membantu para sopir angkot yang juga merasakan dampak Covid-19. “Masih banyak warga Depok yang terdampak pandemi dan kurang mampu. Saya tergerak bergabung dengan Baikhati karena ingin ikut berbagi terutama warga di Kota Depok,” katanya.

Anto, salah satu sopir mengatakan pendapatannya turun selama pandemi. Terlebih pada saat PPKM darurat hingga level 4 ini dirinya mengaku kesulitan mendapat penumpang. “Sehari dapatnya Rp50ribu. Itu juga belum dipakai beli bensin dan lainnya. Jauh dari hari sebelumnya,” katanya.