Solidkan Barisan, Dekranasda Depok Adakan Peningkatan Kapasitas

DepokNews–Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok tidak hanya berkomitmen memajukan usaha kreatif, melainkan juga membangun kemitraan yang solid baik dengan Perangkat Daerah (PD) maupun dengan organisasi mitra (ormit). Salah satu upaya untuk mewujudkan itu, dengan mengadakan kegiatan pembinaan komunitas industri kreatif Kota Depok.

Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk peningkatan kapasitas, baik pengurus maupun instansi dan ormit terkait. Dirinya berharap, dengan silaturahmi tersebut semakin mempererat hubungan kemitraan satu sama lain.

“Kita ingin menyatukan dan menyamakan persepsi kembali tentang cita-cita kita, dalam memajukan produk-produk usaha khas Kota Depok. Apalagi, dengan kesibukan masing-masing, pertemuan ini menjadi wadah bersama untuk saling berbagi informasi, terkait hal-hal apa yang bisa disinergikan satu sama lain,” katanya, di Taman Herbal Insani (THI), Kecamatan Bojongsari, Selasa (23/10/2018).

Bunda Elly, sapaannya, mengatakan, dalam kegiatan peningkatan kapasitas tersebut, pihak Dekranasda Kota Depok melakukan berbagai macam permainan outbond. Mulai dari bermain buldoser, mengambil bola dengan menggunakan rakit, dan mengambil permen cokelat dalam gundukan tepung terigu.

“Tentunya bukan sekadar permainan, karena di dalammnya mengandung nilai-nilai filosofis, untuk membangun kerja sama tim, pengorbanan dalam meraih tujuan, serta harapan-harapan yang ingin diwujudkan dalam Dekranasda Kota Depok,” katanya.

Dalam kegiatan ini juga, para peserta mendapatkan edukasi tentang tanaman herbal, yang dipaparkan oleh Reza selaku Supervisor Marketing dan Humas THI. Selain itu, pihaknya juga memperagakan cara pembuatan minuman tradisional, kunyit asam dan wedang jahe.

“Kita kenalkan tanaman stevia dan sambiloto yang memiliki manfaat mencegah diabetes, serta tanaman gandarusa yang bermanfaat untuk memar,” katanya.

Sementera itu, Ketua Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD), Markiyat memberikan apresiasi atas kegiatan peningkatan kapasitas yang diadakan Dekranasda Kota Depok. Menurutnya, acara tersebut dapat semakin mempererat hubungan antara pelaku usaha, organisasi mitra, dengan pemerintah.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, kami berharap kemitraan kita berjalan semakin baik. Dekranasda Kota Depok juga semakin memperhatikan kebutuhan-kebutuhan para pelaku usaha dan industri, di antaranya dengan mengadakan ekspo-ekspo tingkat kota, provinsi, atau nasional,” tutupnya.

sumber: depok.go.id