Kadisdik Kota Depok, Mohammad Thamrin (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews- Berdasarkan materi dalam Kurikulum Tiga Belas (Kurtilas), yang semua pembelajaran harus tuntas di sekolah. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Mohammad Thamrin menilai, bahwa kapasitas tiap siswa berbeda-beda, pemberian Pekerjaan Rumah (PR), saat libur sekolah tetap dapat diberikan. 

Thamrin mengatakan, ada anak yang tuntas di sekolah ada juga yang tidak. Saat libur sekolah, guru dapat memberikan tambahan pemahaman siswa, melalui soal latihan atau tugas sekolah.

“Kalau ada yang bilang memberatkan tentu tidak, hanya menguatkan pemahaman siswa yang tidak tuntas di sekolah,” jelasnya.
Thamrin juga mengimbau agar orangtua terus membimbing siswa untuk belajar, meski sedang libur sekolah. Saat ini siswa memasuki libur semester satu dari tanggal 15 sampai 1 Januari 2019.

Thamrin mengatakan, dalam mengisi liburan, harapannya orangtua memantau pelaksanaan liburan. Jangan libur semua, termasuk tidak mengingat kembali pelajaran disekolah. 

“Harapan saya orangtua aktif juga dirumah. Artinya anak menikmati libur, tapi jangan lupakan juga dengan belajar. Jadi tidak lepas buku sama sekali saat liburan,” bebernya.

Sedangkan untuk guru, waktu libur disekolah harus ada yang piket. Kalaupun guru ingin libur, harus ambil cuti.
“Guru juga butuh liburan, tapi tetap ada yang piket disekolah,” tandas Thamrin.(mia)