SMPN 2 Depok Siap Ikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer

Posted on

Depoknews — SMPN 2 Depok siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sejumlah persiapan sudah dilakukan pihaknya, termasuk berbagai keperluan dan perangkat yang mendukung pelaksanaaan UNBK.

Hal tersebut dikatakan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Depok, Sumarno, seperti yang lansir depok.go.id

“Kami siap untuk tahun ini melaksanakan UN Berbasis Komputer, meskipun saat ini jumlah komputer yang dimiliki masih terbatas,” tuturnya saat ditemui di ruang kerja, Kamis (19/01/17).

Dirinya mengungkapkan, saat ini jumlah komputer yang tersedia sebanyak 100 unit. Untuk pelaksanaan UN setidaknya memiliki 135 unit dan beberapa unit tambahan sebagai cadangan jika ada kendala saat ujian berlangsung.

Kurangnya jumlah perangkat yang dimiliki tidak menjadi penghalang bagi SMPN 2 Depok untuk menerapkan UNBK. Pihaknya akan mengusahakan penambahan tersebut dengan menggunakan laptop. Dengan begitu siswa dapat tetap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer.

“Upaya akan terus dilakukan agar tahun ini pelaksanaan UNBK dapat berlangsung dengan baik,” tambahnya.

Selain itu, Sumarno mengaku, pihaknya akan memberikan perhatian lebih terhadap aliran listrik dan server yang digunakan untuk pelaksanaan UN pada Mei mendatang. Mengingat, dua komponen tersebut memiliki andil besar terhadap pelaksanaan UNBK.

Jika memungkinkan, pihak sekolah akan menyediakan genset agar saat pelaksanaannya nanti tidak mengalami permasalahan listrik. Meskipun sudah berkoordinasi dengan PLN setempat, namun antisipasi matinya listrik tetap dilakukan pihaknya.

“Hal yang tidak diduga pasti akan terjadi, jangan sampai ketika siswa sedang mengerjakan UN server down atau listrik mati. Maka kalau tidak ada halangan genset akan tersedia selama UN berlangsung,” terang Sumarno.

Terakhir, ia berharap dengan persiapan yang dilakukan, pelaksanaan UNBK dapat berlangsung dengan baik. Tentunya tidak ada kendala dan hambatan selama proses UN berjalan. (muj)