DepokNews- Tahun ajaran baru 2021-2022 segera dimulai. Beberapa sekolah swasta telah membuka pendaftaran untuk masuk sekolah. Salah satunya SMP Karamina International Islamic Science, yang berlokasi di Pesona Lembayung Townhouse, Jalan Kampung Sawah Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong.

Kepala SMP Karamina International Islamic Science, Hamdan Siregar menjelaskan, sekolah yang baru beroperasional di tahun ajaran baru 2021-2022 ini khusus untuk siswa putri. Serta memiliki tujuh program unggulan yang membedakan dengan sekolah lain.

Pertama, Tahfidz Al-Quran yang diharapkan siswa dapat membaca Al Quran dengan baik. Minimal lulusan SMP Karamina ini dapat menghapal tiga juz. Kedua adalah Ilmu Kesehatan Dasar, yang membedakan dengan sekolah lain. Siswa diajarkan untuk penanganan pertolongan pertama. Seperti melakukan CPR atau napas buatan, P3K, serta perawatan diri dan keluarga. Ketiga, mengintegrasikan kurikulum Internasional dengan Nasional. Meluaskan kaidah kurikukum tidak hanya nasional. Dengan menggunakan Kurikulum 13, dengan Internasional Cambridge.

Menggunakan bilingual, dengan Bahasa Inggris, Arab, dan Indonesia. Lalu,
Soft skill development, mengajarkan berkaitan dengan pengembangan soft skills.

“Lulusan bukan hanya memiliki ilmu pengetahuan tapi skill yang bagus. Siswa diajarkan untuk berpikir kritis, kreatif, mengambil keputusan yang tepat, negosiasi, berorientasi pada pelayanan, kecerdasan emosional yang membuat IQ-nya seimbang, people management bisa me-manage komunikasi dengan org lain,” jelas Hamdan, Sabtu (30/1/21).

Hamdan melanjutkan, untuk Eskul, di SMP Karamina ada memanah dan berkuda, dan Dokter cilik. Jadi ini pengintegrasian dengan ilmu kesehatan dasar.

Karakter building, karakter seorang muslimah harus seperti apa. Baik dari adab maupun akhlak. Dasar pengembangan berdasarkan sunnah.
bisnis. Moeslempreneurship class.

“Bagaimana siswa digembleng menjadi pebisnis. Ketika berbisnis tidak melanggar riba, dan menggabungkan teori enterprenership dari Cambridge maupun Dinas Pendidikan,” katanya.

Ia mengatakan, untuk sarana dan prasarana sendiri SMP Karamina mengutamakan konsep asri. Nantinya di tahun ajaran mendatang, sekolah akan pindah ke perumahan Mecca Premiere, Cibinong.

Satu kelas sendiri akan dibimbing satu guru kelas, satu mata pelajaran satu guru dengan jumlah 30 siswa sekelas.

Hamdan menjelaskan, saat ini masih menerapkan PJJ. Perbedaan dgn sekolah lain, konsep pihaknya tetap menekankan beberapa model pembelajaran active learning, afectif learning, simulasi, presentasi.

Ada 8 metode yakni Inquari, discovery (melibatkan siswa dengan setiap kegiatan seperti diskusi seminar), project based learning, permasalahan (menciptakan kolaborasi yang solid memecahkan masalah), talkim learning (diterapkan untuk pelajaran Al-Quran, siswa diajarkan membaca dan mengucapkan), classical learning, experimental learning (amati proses dan menulis percobaan), case learning (berperan aktf dalam mengambil keputusan sebuah kasus).

“Untuk PPDB kami sudah membuka 3 gelombang, tanggal 18-21 februari, gelombang kedua 22 februari-30 april. Sedangkan gelombang ketiga 1 mei-13 juni,” tutup Hamdan.