Smart People, Elemen Penting Smart City

Posted on 34 views

DepokNews — Smart City merupakan fenomena yang kian popular di dunia dengan berbagai konsep dan model yang dapat dijadikan acuan dalam pengembangannya.  Riset terhadap Kota Cerdas menjadi kebutuhan yang esensial, karena terkait dengan perubahan pola hidup masyarakat. Dalam konteks Kota Depok, kebutuhan untuk mewujudkan Depok Smart City merupakan sebuah langkah dalam upaya menjawab berbagai tantangan permasalahan kota. Hal tersebut disampaikan Walikota Depok dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Depok Widyati Riyandani, pada acara peluncuran dan sosialisasi Smart City, di Ruang Apung, Perpustakaan Pusat Kampus UI Depok, Senin (24/10/2017).

“Namun yang harus diingat adalah bahwa elemen penting dari Smart City adalah Smart People. Tanpa peran serta masyarakat cerdas yang ikut bahu-membahu dengan pemerintah, Smart City tidak akan terwujud,” kata Walikota. Oleh karena itu, lanjutnya, Pemerintah Kota Depok sangat mengharapkan dapat bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat, khususnya dunia akademisi untuk dapat mewujudkan Kota Depok yang Unggul, Nyaman dan Religius.

Universitas Indonesia (UI) bekerjasama denganUnited States Agency International Development (USAID) Sustainable Higher Education Research Alliances (SHERA) terkait Scientific Modelling, Application, Research&Training for City Centered Innovation&Technology (SMART CITY). UI dalam hal ini menggandeng beberapa universitas yakni Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Udayana, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Teknologi Sumbawa. Sementara USAID SHERA menggandeng University of Illinois at Urbana Champaign, University of Florida dan Savanah State University.

Peresmian Smart City ditandai pengguntingan pita oleh Rektor UI Prof.Dr.Ir. Muhammad Anis, M.Met ; didampingi Direktur Pendidikan USAID Mr. Peter Cronin; Penjabat Sekda Kota Depok Widyati Riyandani; Dekan College of Design, Construction and Planning University of Florida Chistoper Silver, Ph.D.,FAICP-Dean; perwakilan Direktur Riset, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi Universitas Padjajaran Yosephni Kristin D.M ; Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro Prof.Dr.rer.nat. Heru Susanto,S.T.,M.M.,M.T ; perwakilan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana Putu Yadnya; Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sriwijaya Prof.Dr. Tatang Suhery, M.A., Ph.D ; Kepala Laboratorium Biokatalis dan Fermentasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Direktur Urban and Regional Development Institute (URDI).

Usai pengguntingan pita acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor UI dan presentasi serta pemaparan Program Smart City oleh Prof.Dr. Heri Hermansyah, S.T.,Eng Direktur DRPM UI selaku Ketua Komite Pengelola Kolaborasi Riset Smart City.