Situ Lio Akan Dikembangkan Menjadi Wisata Air Di Depok

Posted on

Depoknews.id, Depok – Situ Lio merupakan situ yang terkenal di kawasan Depok. Situ yang memiliki nama asli Situ Rawa Besar ini berada di kawasan Pancoran Mas(PanMas) adalah aset kota Depok yang wajib untuk dilestarikan. Upaya pemeliharaan dan pembenahan situ ini juga terus dilaksanakan serta pemanfaatannya sehingga dapat dijadikan sebagai potensi wisata unggulan di wilayah Pancoran Mas.

“Kalau melihat faktanya, Setu Lio mampu menjadi potensi wisata dan menarik masyarakat untuk berkunjung. Namun demikian, perlu dibenahi dulu dari semua aspek secara menyeluruh. Baik yang terkait konservasi lingkungan, ketertiban bangunan, pengelolaan maupun pemanfaatan lingkungannya,” ujar Camat Pancoran Mas Utang Wardaya, kepada awak media, Selasa (17/1).

Utang mengakui, hal utama yang harus dilakukan masyarakat sekitar Setu Lio adalah menjaga dan memelihara keberadaan setu, baik dari pembuangan sampah liar, sampah rumah tangga maupun penggunaan lahan terbuka.

“Lahan garis sepadan setunya juga harus diamankan dan bebas bangunan, untuk menjaga daya dukung lingkungan dan bisa digunakan untuk penghijauan. Kalau itu bisa diwujudkan, pasti akan menjadi daya tarik wisata dan menjadi potensi yang bisa dikembangkan,” jelasnya.

Untuk kerja bakti terkait kebersihan dan penghijauan, lanjutnya, bisa dilakukan kecamatan bekerja sama dengan dinas terkait dan telah dimasukkan dalam agenda program rutin kegiatan kecamatan.

“Terkait kegiatan teknis secara khusus, kemungkinan kewenangannya ada di dinas terkait misalnya Dinas PUPR untuk pengerukan atau normalisasi setu serta Dinas Pariwisata untuk kepariwisataan dan keolahragaannya. Masing-masing saling bersinergi untuk kepentingan bersama,” jelasnya.

Dia juga berpesan kepada masyarakat agar menyadari keberadaan setu yang saat ini belum berfungsi secara maksimal.

“Peran serta pemerintah, stakeholder dan masyarakat juga diperlukan untuk menjadikan setu asri dan bersih, dapat terwujud,” tandas Utang.