Situ di Depok Berpotensi Tumbuhkan Ekonomi Warga

Posted on

DepokNews- Depok memiliki puluhan situ yang sebagian kecilnya bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. Setidaknya bagi keluarga yang ingin menikmati suasana alam yang murah meriah bisa sesekali mampir ke situ. Selain murah meriah, di sejumlah setu di Depok saat ini sudah dilengkapi dengan sarana pendukung. Mulai dari area olahraga hingga wisata air seperti perahu bebek.

Sebut saja di Situ Pengasinan yang ada di Sawangan. Situ yang sudah bertahun-tahun menjadi obyek wisata di Sawangan ini menjadi kebanggaan bagi warga sekitar. Karena di sekitar setu itu kini menjadi tumbuh perekonomian baru.

Kemudian di Situ Lio yang ada di Pancoran Mas. Situ ini kerap dijadikan lokasi perlombaan perahu naga. Dan di hari biasa pun, banyak warga yang datang sekedar santai duduk di pinggiran.

Melihat potensi itu, Dinas Pemuda Olahraga Seni dan Budaya Kota Depok memang menjadikan Depok sebagai kota wisata air. Perlahan, dinas sejak lama telah memperbaiki dan revitalisasi situ dan kali yang melintas di Depok. Untuk situ, dinas yang dikepalai oleh Agus Suherman ini akan mengelola setu yang ada dengan maksimal.

“Jika sudah tertata rapi, barulah pengunjung banyak datang. Dari sini ekonomi juga bangkit,” kata Agus.

Diakui dia baru beberapa setu yang dikelola dengan baik. Salah satunya Situ Pengasinan yang kini sudah saangat ramai dikunjungi. Kedepan pihaknya akan meningkatkan situ-situ tersebut sehingga layak untuk dijadikan destinasi wisata air.

“Kalau di Situ Pengasinan sekarang sudah sangat ramai. Kami pun terus berusaha untuk mengelola yang lainnya. Tapi itu perlahan,” tukasnya.

Yang menjadi proyeksi pihaknya adalah Situ Cilodong. Menurutnya situ ini sangat potensial karena berada di pinggir jalan dan aksesnya sangat mudah dijangkau.

“Kita bisa tambah dengan gazebo, semacam dermaga dan perahu wisata seperti bebek-bebekan,” tandasnya.

Ke depan pihaknya akan mengelola wisata air di Depok dengan profesional. Saat ini sedang disiapkan aturan hukumnya supaya lebih fokus dalam pengelolaan. Kerjasama dengan swasta juga diperlukan agar iklim investasi di Depok bisa meningkat.

“Rencana kedepan kita buat wisata air seperti Citarik. Kita sudah observasi ke Ciliwung dan sedang disiapkan segala sesuatunya menuju ke arah sana,” ungkapnya.

Ketua Komisi B DPRD Kota Depok Mohammad H.B. mengatakan pemerintah kota akan fokus membangun pariwisata alam di Depok. Adapun potensi pariwisata alam yang bakal dikembangkan di Depok, yakni pariwisata setu, taman hutan raya, kebun belimbing, Sungai Ciliwung, Pesanggrahan, dan budidaya ikan hias.

“Dewan sedang kaji rancangan induk konsep pariwisata di Depok, tahun ini. Pariwisata alam akan menjadi fokus untuk pengembangan industri wisata alam,” kata Mohammad.

Diupayakan tahun ini akan dilakukan kajian studi kelayakan untuk pengembangan potensi wisata alam setu. Beberapa setu sudah dibidik untuk menjadi kawasan wisata alam, seperti Setu Cilodong dan Rawa Besar. Situ menjadi fokus pengembangan wisata di Depok karena sekaligus upaya konservasi lahan situ yang sudah kritis.

“Situ sudah menyusut, banyak sampah dan mengalami pendangkalan. Bahkan sudah ada yang menjadi hunian,” ujarnya.

Selain itu, setelah ada upaya ini, ia berharap pemerintah bisa memetakan keadaan setu di Depok yang bisa dijadikan lokasi wisata alam. Dalam upaya pengembangannya diharapkan pemerintah bisa bekerjasama dengan swasta. Misalnya menjadikan area sepadan situ sebagai wisata kuliner sampai kegiatan budaya.

“Bahkan, juga tempat outbond,” ungkapnya.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah Farida Rachmayanti mengatakan pengelolan potensi pariwisata alam sangat penting. Pengembangan potensi pariwisata mesti terarah dan ditangani lebih serius lagi.

“Depok juga perlu membuat sarana dan prasarana dengan baik untuk menunjang industri pariwisata,” katanya.(mia)