DepokNews–(23/04/20)Momentum Ramadhan hendaknya merupakan kesempatan yang luar biasa, kesempatan untuk bermanja-manja bersama Al Qur’an, kesempatan meningkatkan interaksi Bersama Al Qur’an, membaca dan mengamalkannya.

Ramadhan bulan mulia karena pada bulan Ramadhan Allah SWT. menurunkan Al Qur’an.

Allah Ta’ala berfirman dalam Qur’an Surat Al Baqarah:183

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ

“bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran.”

Buatlah program Bersama keluarga tercinta, manfaatkan waktu Ramadhan di masa pandemi, di rumah saja bersama Al Qur’an. Jadilah hamba yang istimewa, sebagaimana dalam Hadits dari Anas r.a berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah memiliki keluarga dari golongan manusia.” Para Sahabat bertanya,”wahai Rasulullah, siapakah mereka?” Beliau bersabda,”mereka adalah orang yang dekat dengan Al Qur’an. (Mereka adalah) keluarga Allah dan hamba yang istimewa.” (H.R. Ibnu Majah)

Masyaa Allah, mulailah mengajak keluarga kita tercinta dengan mencintai Al Qur’an, sampaikan keutamaan orang-orang yang membaca, menghafalkan dan mengamalkan Al Qur’an, sampaikan sejarah para sahabat Rasul yang selalu berinteraksi dengan Al Qur’an bagaimana mereka menjadi generasi terbaik karena mereka memiliki ihtimam yang sangat besar terhadap Al-Qur’an.

Oleh karena itu, divisi Penjaminan Mutu AlQur’an (PMAQ) Yayasan Al Hikmah Cipayung Jaya Depok mengangkat program khatmul Qur’an adalah bagian dari ikhtiar menuju insan terbaik di mata Allah karena salah salah misi dari SIT Al Hikmah Depok yaitu membentuk karakter siswa cinta Al Qur’an.

Program Khatmul Qur’an ini diikuti oleh 1677 siswa dan 182 guru dan karyawan SIT Al Hikmah Depok.

Yayasan Al Hikmah Cipayung Jaya mengucapkan terima kasih kepada siswa dan ayah bunda, guru dan karyawan SIT Al Hikmah Depok atas kerjasama dan dukungannya sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses, semoga dengan kegiatan khatmul Qur’an ini Allah segera menghilangkan wabah yang telah melanda bangsa ini sehingga kita bisa menjalankan ibadah Ramadhan dengan penuh khusyu, Marhaban Ya Ramadhan, tulis Ahmad Faisal selaku Yayasan Al Hikmah Cipayung Jaya Depok dalam salah satu WA grup.

Dari Ibnu Abbas r.a., beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw. “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi).

Masyaa Allah, keutamaan mengkhatamkan Al Qur’anul Kariim adalah amalan yang paling dicintai Allah SWT, sehingga mereka menjadi generasi sukses dunia wa akhirat.

Hendaklah membaca Al Qur’an menjadi wiridan harian agar kita menjadi insan terbaik.

Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi)

Program Khatmul Qur’an dilaksanakan dua kali setiap tahunnya. Di Era pandemi covid 19 pun, SIT Al Hikmah tetap menjalankan dengan mengerahkan 22 Room Meeting Zoom serentak pkl 09.00-10.30 dengan 38 kali khatam yang diakhiri dengan doa khatmul qur’an. Semoga Allah memudahkan ibadah kita di bulan Ramadhan 1441 H.

Mohon maaf lahir bathin. Ahlan Wasahlan yaa Ramadhan