Siswa SMU 5 Depok Dapat Edukasi Seni dan Budaya Betawi

Posted on

DepokNews — Puluhan siswa SMU 5 Kota Depok pada  Sabtu (13/5) mendapatkan edukasi seni dan budaya dengan mendatangi sanggar Warung Betawi Ngumpul.

Guru seni dan budaya SMU 5 Kota Depok Heni Novianti kepada wartawan mengatakan kedatangan para siswanya ini untuk mendapatkan edukasi seni dan budaya dari Dewan Kesenian Daerah dan Sanggar Betawi  Ngumpul.

“Ya anak siswa kami kita ajak untuk mendapatkan edukasi perihal seni dan budaya khususnya seni Betawi,”katanya.

Dia mengatakan dengan adanya siswa mendapatkan edukasi seni dan budaya betawi ini diharapkan para siswa untuk lebih mengenal seni dan budaya Betawi seperti Lenong, jaipongan serta seni gong si bolong yang merupakan kesenian dari Kota Depok.

“Kami akan terus mengenalkan kesenian tradisional kepada siswa sehingga mereka lebih mengenal seni dan budayanya dari ancaman budaya barat atau asia lainnya,”katanya.

Heni menambahkan di sekolahnya memang ada kegiatan ekstrakurikuler seni nusantara dimana sebelumnya juga melakukan edukasi seni dan budaya di Bali serta wilayah lainnya.

Di lokasi sama ketua Dewan Kesenian Daerah Kota Depok Ir Nuroji menyambut baik kedatangan para siswa SMU 5 Kota Depok yang ingin belajar mengenai seni dan budaya Betawi termasuk budaya Kota Depok.

“Kami sambut kehadiran siswa SMU 5 Kota Depok untuk belajar mengenal seni dan budaya Betawi dan diharapkan mereka benar benar untuk mengimpelementasikan budaya tradisional,”katanya.

Ir Nuroji menambahkan beberapa materi seni dan budaya yang dipaparkan dihadapan siswa seperti seni lenong, gamang kromong, tanjidor,  wayang kulit, serta gong si bolong yang meruapakan kesenian asli dari Kota Depok itu sendiri.

Dirinya mengajak siswa sekolah lainnya di Kota Depok untuk mengenal dan belajar mengenai seni budaya Betawi seta seni dan budaya lainnya sehingg budaya tradisional ini tidak akan punah dari ancaman budaya barat.