Siswa SMPIT Al Hikmah Depok Tetap Berseragam Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Rumah Pada Era Covid-19

Depok (06/04)- Siswa SMPIT Al Hikmah Depok melaksanakan evaluasi pembelajaran secara daring (dalam jaringan) untuk pertama kalinya di Era Covid-19. Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (EPJJ) masih berlangsung dari tanggal 1 April hingga 8 April 2020 mendatang.

Persiapan EPJJ ini sudah lama disiapkan karena memang akan tetap ada pelaksanaan UNBK untuk terakhir kalinya di tingkat Sekolah Menengah Pertama ini. Simulasi UNBK sudah dua kali dilaksanakan di Sekolah. Perangkat komputer dan jaringan sudah dipersiapkan. Naskah soal dalam bentuk office word ke office form sehingga dalam Era Covid-19 ini guru semakin banyak belajar dan kreativitas semakin bertambah.

Ketika wabah covid-19 ini, maka terjadi perubahan tempat pelaksanaannya, dari sekolah pindah ke rumah, sehingga perlu persiapan mental siswa dan orangtua di rumah dengan segala macam keterbatasannya. Dengan memastikan komputer atau laptop dengan jaringan internet yang stabil yaitu kecepatan minimal 1 Mbps, baik melalui jaringan kabel, WiFi atau mobile Hotspot.

Petunjuk pelaksanaan EPJJ juga dibuat senyaman mungkin. Walau uniknya siswa SMPIT Al Hikmah Depok tetap berseragam selama EPJJ berlangsung. Mereka diperbolehkan makan cemilan dan minum selama EPJJ dengan pemantauan orangtua di rumah.

Orangtua wajib mendokumentasikan/foto anaknya saat EPJJ berlangsung kemudian kirim ke grup whatsapp masing-masing kelas.

“ini adalah suatu terobosan yang kreatif dari panitia EPJJ SMPIT AL Hikmah Depok dengan mempersiapkan dan mengadakan evaluasi pembelajaran dalam jaringan, saya apresiasi sekali kepada Kepala Sekolah serta seluruh civitas sekolah yang saling mendukung baik guru maupun orangtua siswa. EPJJ ini adalah bagian dari pelayanan paripurna sekolah untuk siswa” ujar Ahmad Faisal selaku Yayasan Al Hikmah Cipayung Jaya.