Siswa SMK Citra Negara Lahirkan Siswa Kreatif dan Inovatif

Posted on 987 views

DepokNews–Civitas Akademi Sekolah Menengah Kejuruan Citra Negara di Kelurahan Beji, Kecamatan Beji pada Senin (26/3) memamerkan dan mempresentasikan hasil kreasi dan inovatif.

Karya-karya yang mereka tampilkan diantaranya media pembelajaran baiksoftware maupun hardware, perangkat pembelajaran, hingga hasil proyek penelitian siswa.

Ketua Yayasan At Taqwa yang membidangi SMP, SMK Citra Negara Nasan mengatakan sekolah ini dirikan sejak tahun 2004 secara pasti sekolah ini setiap tahunnya menciptakan hasil kreasi dan inovasi.

“Kami ini bukan sekolah abal-abal dimana tenaga pengajaranya memiliki nilai kualitas yang berbobot sehingga melahirkan siswa yang berkualitas”katanya.

Dia mengatakan ERA kompetitif seperti saat ini menuntut masyarakat Indonesia termasuk siswa Citra Negara menjadi multitalenta yang memiliki keaalian.

Melalui ajang ini para mahasiswa dan siswa belajar presentasi di hadapan khalayak, belajar performance, dan belajar memasarkan hasil hasil karya mereka.

“Melalui kreatifitas dan seni untuk meningkatkan inovasi dalam pendidikan”, kami berharap, melalui ajang ini mahasiswa semakin mahir membuat media peraga pembelajaran kreatif”katanya.

Untuk mencetak alumni yang siap bersaing di pasar MEA, para guru yang handal hendaknya mengubah mindset, dari pembelajaran tatap-muka di ruang kelas berubah menjadi mengasah mahasiswa berkreasi dan berinovasi melalui riset dan kegiatan-kegiatan produktif seperti ini.

Kepala SMK Citra Negara  Lukman Kharis menambahkan para siswanya sendiri menampilkan hasil karyanya berupa media pembelajaran yang sesuai dengan kejuruannya seperti Multimedia dimana para siswanya sudah handal mengoperasikan drone, pengambilan gambar serta pembuatan film pendek dan produk karyanya.

“Di kegiatan ini ada siswa kami dari jurusan Teknik Komputer Jaringan yang membuat rangkaian drone, merakit komputer dan produk inovasi lainnya”katanya.

Dia mengatakan di Kota Depok ada sekitar 140 SMK dan SMK Citra Negara salah satu SMK yang menjadi sekolah percontohan pelaksanaan kurikulum 13.

Sekitar 80 persen lulusan siswa SMK Citta Negara sudah langsung bekerja di berbagai perusahaan dan mereka ditampilkan di acara ini.

“Alumni SMK Citra Negara sudah bekerja di sejumlah perusahaan bahkan sudah ada yang menjadi anggota Kepolisian, TNI kami undang untuk memaparkan ap yang diraih selama mereka sekolah di SMK Citra Negara”katanya.