DepokNews–Kayla Andri Ramadani siswa Kelas V SDIT Taman Ilmu berhasil menjadi juara pertama di perlombaan 
membaca Cerita Dongeng Betawi di perlombaan FL2SN Tingkat Kecamatan Beji 2019.

Kepala SDIT Taman Ilmu Yuliana Susanti kepada pada Senin (4/3) ditemui di sekolahnya di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji mengatakan 
dengan membawa cerita ‘Si Jampang Jawara Betawi mengantarkan siswanya menjuarai membaca cerita dengan Betawi FL2SN Kecamatan Beji.

“Alhamdulilah siswa kami meraih juara pertama pada perlombaan FL2SN dalam bidang cerita dengan Betawi, dan merupakan hadiah pertama kita di tahun 2019 ini”katanya.

Dia mengatakan sebelum mengikuti kegiatan ini pihak sekolah melakukan seleksi dan akhirnya mendelegasikan siswa Kayla Andri Ramadani untuk mengikuti perlombaan tersebut.

“Persiapan kami hanya dua hari berlatih dan akhirnya bisa meraih juara pertama”katanya.

Yuliana menambahkan kegiatan perlombaan ini tentunya sangat penting dan bermanfaat dalam upaya menjaga eksistensi serta keberadaan cerpen yang bernuansa Betawi dikalangan generasi muda yang saat ini mulai tersaingi dengan budaya asing dan budaya lainnya.

Paling tidak salah satu kesenian atau budaya Betawi yang berasal dari tulisan seperti cerita betawai ini tentunya semakin lama semakin menghilang atau ditinggalkan kalangan generasi muda dalam era reformasi maupun globalisasi belakangan ini.

“Saya berharap adanya kegiatan lomba cerita bahasa Betawi ini dapat kembali menggungah dan mengangkat kehadiran kesenian sastra bagi kalangan pelajar, mahasiswa maupun masyarakat luas yang ingin kembali mengangkat citra seni Betawi disela kemajuan jaman,” ujarnya.

Dia menambahkan tidak hanya meraih juara satu di bidang perlombaan cerita betawi siswa SDIT Taman Ilmu lainnya 
Nanda Apriliandi yang merupakan siswa yatim meraih juara di bidang seni pantomin.

Dengan kemenangan juara pertama maka siswanya akan melaju ke perlombaan FL2SN tingkat Kota Depok dengan bidang yang sama.

“Ya kami akan berlatih untuk mengikuti perlombaan berikutnya tingkat Kota Depok”katanya.

Sementara itu Kayla merasa 
senang bisa menang, tidak menyangka berhasil meraih juara pertama.

Dirinya mengaku hanya berapa hari saja menghafal dan menghayati cerita yang dibawakan.

Namun untuk melatih gerak dalam bercerita, Ia mempersiapkannya dengan terus berlatih.

Dirinya berharap apa yang diraihnya mampu menginspirasi teman-teman sebaya untuk mampu meraih yang terbaik dalam lomba bercerita di tingkat nasional.

“Semoga dapat menginspirasi semua. Makasih buat kedua orangtua, keluarga, pelatih dan pemerintah yang telah mensupport kami ini”katanya.

Ketua panitia FL2SN Margaretha Hermani Suryaningsih mengatakan kegiatan ini bertemakan Kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa menguak karakter mengugah daya cipta serta membentuk kelembutan hati.

FL2SN yang diperlombakan Nyanyi tunggal, gambar bercerita seni tari lomba pantomin kriya ayaman.

Dia mengatakan untuk tahun ini daya minat siswa yang mengikuti perlombaan ini dikatakan meningkat.

Kegiatan ini bertujuan untuk dapat mengembangkan potensi dan budaya yang ada di daerah dan menggali potensi seni dan budaya yang ada di Kecamatan Beji.

FLS2N kali ini adalah menumbuhkan cinta seni, budaya dan sastra, menguatkan karakter, meningkatkan kreatifitas dan menciptakan daya saing yang positif.

Sekaligus untuk mencari bibit-bibit unggul dalam bidang seni dan budaya.

Dengan FLS2N dapat meningkatkan prestasi Seni dan budaya pembangunan kesehatan dan pembangunan mental spiritual anak-anak didik.

“Untuk peserta yang menjadi juara pada FLS2N tingkat kota ini akan di kirim mewakili Kecamatan dalam lomba FLS2N tingkat Depok nantinya,”katanya.