Siswa SDN Tanah Baru 1 saat memainkan wayang golek Fabel

Siswa SD Tanah Baru 1 Diperkenanlkan Dengan Wayang Golek Fabel

Posted on 484 views

DepokNews–Siswa di SD Tanah Baru 1 di Kecamatan Beji pada Senin (16/4) diperkenalkan dengan wayang golek fabel yang dipertunjukan di dalam ruang kelasnya.

Kepala SDN Tanah Baru 1 Engkoy Rukoya mengatakan wayang golek fabel ini  merupakan alat peraga pembelajaran baik bahasa sunda maupun bahasa Indonesia.

Dia mengatakan ini pertama ada inovasi terbaru di kota Depok, di propinsi jawa barat, sekaligus pengenalan terhadap siswa supaya siswa senang dengan belajar tertarik.

Termotivasi mudah mudahan mempermudah bagi guru untuk menyampaikan pembelajaran di kelas terutama pendidikan penguatan karakter
dan PPK

“Terbukti di SD Tanah Baru 1 anak didik kami sangat antusias. Dan baru pertama kalinya dimainkan depan siswa perdana di SD Tanah Baru 1″katanya.

Engkoy menambahkan sebenarnya wayang merupakan media pembelajaran tradisional yang telah berkembang luas dimasyarakat.

Sejak awal keberadaannya, wayang bertujuan sebagai agen penyaluran pengetahuan kepada masyarakat luas dan sebagai media hiburan serta pendidikan bagi peserta didik.

Sebagai media pembelajaran masyarakat luas, wayang juga sangat penting perannya bagi dunia pendidikan, mengingat pendidikan dan kebudayaan yang saling berkaitan erat.

“Dalam perannya sebagai media pembelajaran, wayang kami harapkan mampu menyampaikan nilai-nilai kebudayaan kepada peserta didik”katanya.

Selain itu, wayang juga dapat digunakan sebagai media interaksi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran didalam maupun di luar kelas.

Dewasa ini, eksistensi wayang mulai menurun sejalan dengan perkembangan teknologi.

Hal ini terlihat jelas dari langkanya pagelaran wayang dimasyarakat karena semakin berkurangnya rasa sosialisme masyarakat akibat maraknya teknologi-teknologi modern yang bermunculan dan mengakibatkan munculnya sikap individualism pada masyarakat modern.