Mohammad Thamrin (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews- Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun 2019, tengah dilaksanakan seluruh siswa SD dan SMP di Kota Depok. Ujian ini dilakukan mulai dari Tanggal 2 – 7 Desember 2019.

“Sehubungan dengan akan berakhirnya kegiatan belajar mengajar semester satu, maka kami mengadakan ujian berbasis kertas untuk jenjang SD dan SMP,” kata Kepala Disdik Depok, Mohammad Thamrin di Balai Kota Depok, Selasa (03/11/2019).

Thamrin menuturkan, terkait mata pelajaran yang diujiankan di SMP adalah pelajaran umum, seperti bahasa Indonesia, agama, PKN, IPA, IPS, dan Matematika. Bedanya, untuk kurikulum 2013, di hari Kamis ada ujian prakarya, sementara kurikulum 2006, ujian TIK.

Adapun di jenjang SD, yang diujikan dari kelas satu hingga enam adalah pendidikan agama dan budi pekerti. Selain itu, menurutnya, untuk SD ada ujian yang sifatnya per tema pelajaran dan masing-masing tingkatan memiliki tema berbeda.

“Misalkan untuk tema satu, kalau di kelas I tentang hidup rukun, sementara di kelas II tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup,” ujarnya.

Thamrin menambahkan, sesuai kalender akademik, setelah PAS Ganjil, akan dilakukan pembagian raport pada 20 atau 21 Desember 2019. Kemudian, imbuhnya, libur semester ganjil dimulai tanggal 22 Desember hingga 5 Januari 2020.

“Baik SD dan SMP masuk lagi tanggal 6 Januari 2020,” tandasnya.(mia)