Sinergisitas Dibutuhkan Untuk Menjadikan Depok Kota Ramah Lansia

Posted on

DepokNews- Sebagai kota ramah lanjut usia (lansia), dibutujkan sinergisitas antara semua pihak. Baik itu pemerintah, masyarakat dam stakeholder lainnya. Karena itu rapat koordinasi rutin dilakukan oleh Komisi Daerah (Komda) lansia.

“Kota ramah lansia sudah tercantum di RPJMD, dengan begitu ini merupakan target yang harus dicapai oleh semua OPD,” ujar Kasubid Kesejahteraan Masyarakat, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (BAPPLITBANGDA) Kota Depok Bety Setyorini, Selasa (21/03/2017).

Dirinya menambahkan bahwa semua OPD harus memiliki program terkait hal ini, misal Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) yang berkaitan dengan penyediaan taman yang ramah lansia, lalu Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) yang harus bisa membina para developer untuk menyediakan kawasan rumah yang ramah lansia.

Begitu juga dengan Dinas Kesehatan yang harus bisa memberikan pelayanan kesehatan yang ramah lansia, misal mengenai antrian yang harus dipisahkan antara lansia dan pasien lain.

“Begitu juga dengan pusat perbelanjaan atau gedung swasta lain, yang harus menyediakan toilet yang ada pegangan atau wc duduk agar memudahkan lansia, ini harus menjadi perhatian bagi dinas yang memiliki kewenangan,” pungkasnya.(mia)