DepokNews–Universitas Gunadarma bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Depok Cimanggis dan sawangan meresmikan Layanan Pajak di Luar Kantor (LDK) Tax Center Universitas Gunadarma.

LDK Tax Center yang bertempat di Universitas Gunadarma, Kampus F4 Cisalak Pasar, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat ini didesain secara unik, seperti ruang asli kantor Pelayanan Pajak, dengan ruang tunggu yang nyaman. Peresmian ini berlangsung pada Selasa (23/3/2021).

LDK Tax Center Universitas Gunadarma merupakan unit pelayanan perpajakan dari KPP Pratama Depok Cimanggis yang dikelola di kampus Universitas Gunadarma. Wajib pajak yang datang ke LDK Tax Center Universitas Gunadarma dapat memanfaatkan layanan, seperti pelaporan SPT.

“Pada kesempatan ini, kami Universitas Gunadarma membuktikan telah serius mengembangkan fasilitas pada bidang keilmuan dan sarana,” ujar Rektor Universitas Gunadarma E.S. Margianti.

Margianti mengatakan Universitas Gunadarma berkomitmen untuk menambah jumlah LDK Tax Center Universitas Gunadarma. Untuk saat ini, LDK Tax Center Universitas Gunadarma telah tersedia di Kampus D yang berlokasi di Jl. Margonda Raya, Depok.

Kepala KPP Pratama Depok Sawangan Mamik Eko Soessanto menerangkan secara garis besar, terdapat 3 jenis pelayanan yang disediakan pada LDK Tax Center Universitas Gunadarma, yakni penyuluhan, pelayanan, dan konsultasi.

Dalam aspek penyuluhan, LDK Tax Center Universitas Gunadarma akan berperan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai peraturan-peraturan perpajakan yang saat ini berlaku.

“Dalam hal pelayanan, barangkali ada yang mau lapor SPT atau ada masalah-masalah yang belum diketahui, bisa ke LDK Tax Center Universitas Gunadarma,” ujar Mamik Eko Soessanto.

LDK Tax Center Universitas Gunadarma juga akan memberikan konsultasi kepada wajib pajak guna menampung dan menindaklanjuti keluhan-keluhan mengenai perpajakan yang dirasakan wajib pajak.

Hal senada dikatakan, Kepala Kantor Wilayah DJP Jabar III Catur Rini Widosari yang menjelaskan, para mahasiwa yang melayani wajib pajak telah diberikan bekalan oleh petugas kantor pajak dan juga didampingi petugas saat memberikan pelayanan.
“Pelayanan di LDK Tax Center ini seperti juga di kantor pajak, gratis tidak dipungut biaya apapun, para mahasiswa juga kami berikan pelatihan secara memadai,” kata Catur Rini Widosari.

Sedangkan, Kepala Tax Center Universitas Gunadarma Dr. Beny Susanti menjelaskan, relawan pajak merupakan salah satu bentuk program pengabdian masyarakat yang sudah menjadi agenda tahunan Tax Center Universitas Gunadarma bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak.

“Kami berupaya Tax Center Universitas Gunadarma menjadi Tax Center terbaik di Indonesia,” jelas Dr. Beny Susanti.


Dr. Beny Susanti juga menjelaskan animo mahasiswa untuk bisa bergabung dalam Tax Center sangat besar, dan ini akan menjadi pengalaman sendiri bagi mahasiswa yang terpilih.

Beberapa alumni Universitas Gunadarma memberikan kabar, mereka bisa di terima bekerja di kantor pajak atau perusahaan yang pernah dilayaninya.
“Kami bersyukur dan bangga, karena dengan bertugas pada Tax Center ini mahasiswa punya pengalaman sehingga mudah dalam mencari pekerjaan setelah lulus,” kata Dr. Beny Susanti.