Siap Emban Tugas, Damkar Depok Miliki 48 Unit Kendaraan

Posted on

DepokNews — Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, Yayan Arianto menyebutkan, saat ini dinasnya sudah memiliki 48 unit kendaraan yang siap beroperasi jika terjadi bencana kebakaran di Kota Depok. Mobil yang dimiliki berupa, mobil pompa kebakaran kapasitas 3000-5000 liter, mobil rescue, mobil tangki/suplai air, mobil komando, mobil ambulans, mobil storing, mobil pompa kebakaran kapasitas 1000 liter, dan portabel apung, seperti yang dilansir depok.go.id.

“Dari 48 unit itu, setidaknya ada 8 mobil yang sudah kurang berfungsi dengan baik. Mobil ini untuk kapasitas sekitar 4000 liter,” ujar Yayan yang ditemui usai upacara HUT Dinas Damkar dan Penyelamatan ke-98 di Balaikota Depok, Jumat (17/03/2017).

Untuk mobil yang kurang berfungsi dengan baik, kata Yayan, merupakan mobil keluaran tahun 2000. Usia pakainya yang cukup lama, membuat daya jangkau semprotannya kurang maksimal.

“Jadi bukannya tidak berfungsi, namun semprotannya tidak sekuat mobil-mobil yang tahunnya masih muda,” ucapnya.

Yayan juga mengatakan, untuk menunjang tugas, Damkar Kota Depok akan melakukan peremajaan mobil operasional pemadam kebakaran secara bertahap. Peremajaan ini untuk menggantikan mobil operasional yang sudah dipakai selama 16 tahun terakhir.

Menurutnya, peremajaan mobil Damkar ini memang perlu direalisasikan, agar penanggulangan bencana kebakaran yang terjadi di Kota Depok dapat dilakukan lebih maksimal. Ia mengaku, akan memanfaatkan sebaik-baiknya fasilitas yang dipunya, agar respons time petugas ke lokasi kebakaran makin cepat. Dirinya juga sangat bersyukur sepanjang tahun 2016 lalu, dari 241 kasus kebakaran yang terjadi di Depok, sebesar 100 persen kasus bisa ditangani oleh pihaknya.

“Kalau untuk peremajaan insya Allah akan tetap dilakukan, namun secara bertahap. Disesuaikan dengan anggaran yang dipunya Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok,” tutupnya