DepokNews – Mengantisipasi melonjaknya volume sampah mendekati lebaran nanti, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok melakukan penambahan armada serta memperbanyak personel.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Iyay Gumilar mengatakan peningkatan volume sampah diprediksi terjadi pada H-4 lebaran.

“Sudah kami antisipasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena memang grafiknya sama, melonjak H-4 sampai lebaran dan menurun setelahnya,” ucapnya.

Dijelaskan Iyay kondisi sampah saat ini masih stabil diangka 900 ton perhari dengan angka tersebut masih dikatakan stabilkan.

“Meskipun di bulan puasa masyarakat cenderung konsumtif, namun sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) masih sama seperti sebelumnya,” ujarnya, di Balai Kota, Kamis (28/04/21).

Iyay menambah supaya tidak terjadi peningkatan volume sampah saat lebaran nanti, pihaknya mengimbau Unit Pengolah Sampah (UPS) di seluruh Kota Depok untuk melakukan pengolahan sampah.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri, semua pihak harus terlibat. Termasuk masyarakat agar bijak dalam pengelolaan sampah. Hindari wadah sekali pakai,” tutupnya.