Setu Pengasinan Ditebar Jutaan Benih Ikan Oleh Aher

DepokNews- Sebanyak 2,5 juta benih ikan ditebar Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di  Setu Pengasinan, Sawangan, Kamis (11/1/2017). Benih ikan yang ditebar antara lain jenis bandeng, nilem, tawes, nila, mas, grasscarp, lalawat dan udang galah.
Aher sapaan akrabnya menjelaskan, jika nanti sudah besar ikannya, silakan masyarakat menikmatinya. Ini program ikan rakyat. Selain di Situ Pengasinan, penebaran benih ikan serupa juga telah dilakukan di Waduk Jatigede, Jatiluhur, Situ Cileunca dan perairan umum lainnya di Jawa Barat. Bahkan, di Waduk Jatigede sejak tahun 2016 telah disebar benih ikan hingga mencapai 30 juta benih ikan.
“Hasilnya masyarakat nelayan sekitar Waduk Jatigede yang ngejala ada yang sampai dapat ikan mas dengan berat 12 kilogram, patin juga banyak sampai 15 kilogram. Hal ini karena di dalam danau kan memiliki pakan alami dengan jumlah yang banyak,” terang Aher.
Dirinya berharap dengan diberikannya benih ikan ini akan dapat mendorong tambahan gizi bagi masyarakat sekitar. Hal ini karena masyarakat tidak sulit untuk mendapatkan ikan sebagai tambahan makanannya.
“Nanti masyarakat bisa langsung ambil ikan saja ke situ, tidak sulit dan ini efeknya untuk tambahan gizi,” pungkasnya.(mia)