Oleh: Aisyah Nurmalasari

DepokNews- Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan setelah Setu Rawa Besar, tahun depan giliran Setu Cilodong dan Setu Rawa Kalong yang akan dibangun. Hal ini dikatakannya pada acara penyerahan secara simbolis perahu wisata di Setu Rawa Besar, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (02/12/2020).

“Tahun depan mungkin Setu Cilodong dan Setu Rawa Kalong yang bantuan gubernur. Untuk Pengasinan mungkin akan dikeruk dulu, karena keterbatasan dana tadi,” ujarnya.

Sebelumnya Dadan mengatakan bahwa pembangunan setu seperti ini memang membutuhkan dana yang besar sehingga tidak bisa 100% langsung tuntas, melainkan harus secara bertahap. Misalnya saja pembangunan Setu Rawa Besar yang sudah dilaksanakan sejak tahun lalu dan baru selesai tahun ini.

“Kita sedang dalam proses konsultasi dengan provinsi terkait (pembangunan) Setu Cilodong. Untuk yang Rawa Kalong seharusnya tahun ini selesai dengan anggaran provinsi, namun karena terkendala covid-19, maka baru selesai tahun depan. Mudah-mudahan tahun depan bisa terealisasi,” jelas Deden.

Untuk Setu Rawa Kalong, Deden mengaku konsep penataannya sudah ada dan sudah dikonsultasikan dengan pihak pusat. Hal tersebut dikarenakan pembangunan setu merupakan kewenangan pusat. Sehingga pihaknya selalu berkoordinasi dengan pusat terkait pembangun setu-setu di Kota Depok.