DepokNews- Sering dilalui kendaraan nerat, kondisi saluran air di Jalan Mandor Ancul, RW07 Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas hampir amblas.

Ketua RW07 Sunarto mengatakan, selama ini jalan tersebut sudah mulai rusak karena sering dilalui kendaraan dengan beban berat. Sehingga warga sekitar bersama sama secara spontan memperbaiki saluran tersebut. 

“Kegiatan kerja bakti jalanan selama ini jalan kita hancur karena sering dilalui kendaraan berbeban berat. Jadi kalau dibiarkan amblas, kami gerakan warga kerjabakti dengan dana swadaya dan seadanya,” kata Sunarto, Minggu (2/2/2020).

Menurutnya, perbaikan saluran di jalan itu diperkirakan menghabiskan dana sekira Rp 10 sampai Rp 15 juta. Di mana, perbaikan jalan ini seadanya dilakukan dengan cara dipasang batu kali dan dicor sehingga pembuangan air dari masyarakat bisa disalurkan lancar ke Situ Binong. 

“Spontan kami kerjakan kalau gak jalan ini terputus yang menghubungan ke arah Rawa Denok. Kalau menunggu dibetulin Pemkot Depok agak lama karena harus menunggu pengajuanya keburu amblas jalananya,” kata Sunarto. 

Masih di lokasi, tokoh masyarakat RW07 Karman Hermanto Tobing menambahkan, kerja bakti ini sebagai langkah spontan warga akan lingkungannya. Sehingga kata dia, dapat mencegah jalan ini amblas dan bisa menambahkan  masalah baru yang memerlukan dana yang besar. 

“Kita gerak untuk meminimalisir kerawanan jalanan amblas yang terdapat saluran yang mengarah ke Situ Binong,” ucap Karman. 

Karman sangat mengapresiasi masyarakat RW07 ini yang sudah mau tanggap bergerak cepat atas masalah pembangunan ini. Sehingga, kebersamaan masyarakat RW7 terluhat  harmonis dan kompak.

“Saya sangat terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan sumbangsihnya atas perbaikan jalan baik tenaga, dana, dan pemikirannya,” tandasnya.(mia)