Doktor Tata Sutabri saat memberikan sambutan perdannaya sebagai seorang doktor

Sering Dikecewakan Travel Online, Mahasiswa Gunadarma Ini Lakukan Penelitian Ulasan dan Komentar Pada Aplikasi Travel Online

Posted on 1,050 views

DepokNews — Tata Sutabri, S.Kom, MMSI mahasiswa sekaligus dosen Universitas Gunadarma sering menggunakan jasa travel online khususnya untuk memesan kamar hotel. Namun ia sering mengalami kekecewaan karena kualitas hotel dan pelayanannya tidak sesuai yang diharapkan.

Doktor Tata Sutabri bersama keluarga foto bersama

“Ada kekecewaan pernah terjadi saat menginap pada sebuah hotel yang saya pesan melalui jasa travel online, dari kekecewaan itu saya buka beberapa situs pariwisata, saya baca satu-persatu. Ada beberapa ulasan jelek tapi ratingnya bagus. Kadang-kadang konsumen tuh jadi tertipu,” katanya.

Dari pengalaman yang kurang menyenangkan tersebut, Tata Sutabri akhirnya mengadakan penelitian untuk mengevaluasi ulasan dan komentar yang diberikan oleh masyarakat terhadap aplikasi travel online dalam menempuh pendidikan program doktor di Universitas Gunadarma dengan mengambil desertasi yang berjudul “PENGEMBANGAN METODE ANALISIS SENTIMEN BERBASIS KORPUS DAN MULTINOMIAL NAIVE BAYES CLASSIFIER”.

Desertasi tersebut berhasil dipertahankan dalam sidang terbuka promosi Doktor Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma Jalan Cikunir Bekasi, Rabu (17/1/2018) dan ia dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Untuk mendapatkan data ulasan masyarakat, menurut Tata Sutabri juga tidak mudah, terlebih untuk melakukan penelitian ini dibutuhkan data yang sangat banyak.

“Ada beberapa cara yang sudah dilakukan untuk mendapatkan data, melalui media sosial, tapi itu hanya dapat sedikit. Maka dari itu saya memakai aplikasi khusus namanya Yugo. Yugo itu bisa mendapatkan data-data dari situs yang tadi saya sebutkan dalam presentasi, itu dengan langsung, sesuai apa yang kita butuhkan, misalkan 1000 atau 2000, kita bisa menggrab data tersebut. Sedangkan di media sosial kan hanya 20 sampai 50, tidak sampai ribuan.Sementara untuk penelitian ini kita butuh objek sample yang banyak,” tambahnya.

Penelitian Tata Sutabri tersebut memiliki manfaat yang besar untuk masyarakat, seperti yang dijelaskan oleh Doktor Prihandoko sebagai Ko Promotor Tata Sutabri dalam menempuh program doktor tersebut.

“Tata Sutabri melakukan penelitian untuk mengevaluasi ulasan dan komentar yang diberikan oleh masyarakat terhadap aplikasi travel online. Evaluasi ini perlu dilakukan karena sering ditemukan nilai rating yang diberikan oleh situs travel online yang tidak sesuai dengan ulasan yang diberikan oleh pengguna. Misalnya, ulasan yang diberikan bernada negatif, namun diberi nilai rating Tinggi,” kata Doktor Prihandoko.

Menurut Doktor Prihandoko, dengan adanya sistem ini diharapkan masyarakat dapat terlindungi dari para pemilik travel online yang memberikan penilaian rating yang tidak sesuai dengen fakta yang sebenarnya yang diberikan oleh masyarakat.