Depoknews.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, berencana melakukan peninggian jembatan Balong Barat yang terletak di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan. Upaya ini dilakukan dikarenakan lokasi tersebut rawan banjir yang disebabkan oleh luapan air dari Kali Pesanggrahan.

Lokasi Jembatan Balong Barat sendiri berada di cekungan paling rendah dan dilewati oleh Kali Pesanggrahan. Hal ini menyebabkan, ketika hujan sebentar air akan mengalami pengluapan.

Kepala DPUPR Kota Depok, Manto, Jumat (25/05/2018), mengatakan, “Sudah diusulkan untuk pembangunan fisik pada 2019 nanti, khusus  jembatan dan upritannya dengan panjang 13 sampai 15 meter dan lebar 5 meter.”

Manto juga menjelaskan, proyek tersebut membutuhkan anggaran sekitar Rp 2,6 miliar. Besarnya anggaran, dikatakannya karena pekerjaan tersebut merupakan pembangunan ulang, bukan sekedar rehabilitasi.

“Nanti kami juga akan membuat turap di sisi kiri dan kanan. Agar air di Kali Pesanggrahan tidak meluap lagi ke jalan. Lagi pula, jembataan saat ini sudah tidak layak, sehingga mengharuskan kami membangun ulang. Akhir tahun 2018 ini, akan kami buat Detail Engineering Design (DED)-nya,” ujarnya.

Untuk solusi mengatasi banjir, Manto mengatakan, sementara pihaknya sudah melakukan normalisasi Kali Pesanggrahan dengan mengerahkan alat berat berupa spider dan Satuan Tugas (Satgas) Bidang Sumber Daya Air (SDA).

Sumber : depok.go.id