DepokNews–Balikpapan , Anggota Komisi VIII DPR RI Hj. Nur Azizah Tamhid, B.A., M.A lakukan Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI pada Sabtu (10/10). Nur Azizah bersama 16 Anggota Komisi VIII yang hadir dari Sembilan Fraksi di DPR RI, mendengarkan aspirasi dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) ’Aisyiah yang berlokasi di Jl. Dr. Sutomo No.47 Kota Balikpapan, untuk dapat merenovasi bangunan lembaga yang rusak dan sudah berusia 38 tahun. Menanggapi kondisi tersebut, Nur Azizah mengatakan bahwa Dinas Sosial Kota Balikpapan harus mengalokasikan bantuan APBD secara rutin kepada LKSA ‘Aisyiah Balikpapan serta mencari solusi bantuan dana renovasi Bangunan Panti Asuhan tua yg sudah rusak.

Ketua ‘Aisyiah PD Muhammadiyah Kota Balikpapan, Nur Hamidah mengatakan, bantuan sudah banyak yang disalurkan kepada LKSA ‘Aisyiah seperti bantuan sandang dan pangan, namun belum ada bantuan untuk merehabilitasi gedung.

“Alhamdulilah bantuan sandang dan pangan cukup lumayan, sekarang yang kami butuhkan bantuan dana rehabilitasi gedung yang sudah lebih dari 38 tahun belum pernah di rehab, kita masih bingung perlu diajukan ke mana”, jelas Nur Hamidah.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Sosial Propinsi Kalimantan Timur menjelaskan bahwa dalam Pergub no 33, Dinas Sosial Propinsi dapat memberi bantuan Rehab bangunan LKSA dan LKLSU dengan anggaran maksimal 200 juta. Nur Azizah berharap agar Dinas Sosial dapat segera membantu proses administrasi Pengajuan proposalnya serta merealisasikan pergub tersebut dengan segera membantu rehabilitasi gebung LKSA ‘Aisyiyah.

Nur Hamidah selaku Ketua ‘Aisyiyah PD Muhammadiyah Balikpapan juga menjelaskan sejarah berdirinya LKSA ‘Aisyiah sejak tahun1982, serta aneka kegiatan Pemberdayaan Anak Dhu’afa yg sekarang berjumlah 26 orang. “Kami memenuhi kebutuhan anak-anak melalui pengelolaan dana zakat serta bekerjasama dengan berbagai lembaga pemerintah dan non pemerintah”, jelas Nur Hamidah. Nur Azizah sangat mengapresiasi kegiatan pemberdayaan tersebut, ia juga mengingatkan mulianya Pemberdayaan Dhu’afa dalam Agama Islam.

Dalam kegiatan diskusi ini, Nur Hamidah juga menyampaikan bahwa prioritas LKSA saat ini adalah pencegahan Covid-19 dengan tidak mengesampingkan tujuan utamanya untuk kesejahteraan anak dan pendidikan anak. Anak-anak kini membutuhkan Bantuan Operasional untuk antar jemput dan pendidikan anak panti, ia meminta agar dibantu dan dimudahkan dalam prosedurnya. Di akhir diskusi, Nur Azizah Tamhid bersama Tim Komisi VIII DPR RI yang dipimpin oleh H.M. Ihsan Yunus, ME. Con. Std., turut menyerahkan Bantuan Rehabilitasi Sosial kepada LKSA ‘Aisyiah, Balikpapan.